MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL PBL BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Authors

  • Sastriyani Sastri Wiendra IKIP Saraswati
  • I Made Sudiana Made Sudiana
  • I.G.A.A Nova Dwi Marhaeni Dwi Marhaeni

Keywords:

Motivasi, Berpikir Kritis PBL, Kearifan lokal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal pada kelas VII Semester genap SMP Dharma Sastra Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas VII  SMP Dharma Sastra yang berjumlah 14 siswa. Siswa laki-laki berjumlah 10 siswa dan siswa perempuan berjumlah 4 siswa. Instrumen penelitian berupa angket dan test. Teknik Analisa data dengan deskriptif, kuantitatif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Rata-rata motivasi belajar pra siklus yaitu 56,7 (kurang), menjadi 76,4 (baik) pada siklus I, meningkat sebesar 34,74% dan menjadi 87,4 (sangat baik) pada siklus II meningkat sebesar 14,4%. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada pra siklus yaitu 54,64 (cukup), menjadi 78,87 (baik) pada siklus I, meningkat sebesar 44,34% dan menjadi 86,19 (sangat baik) pada siklus II meningkat sebesar 9,28%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model Problem Based Learning (PBL) berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Wiendra, S. S., Sudiana, I. M. S. M., & Marhaeni, I. N. D. M. D. (2023). MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA DENGAN MENERAPKAN MODEL PBL BERBASIS KEARIFAN LOKAL. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1), 16. Retrieved from http://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/529