EFEKTIFITASMETODEACTIVELEARNINGUNTUKMENINGKATKANPRESTASIBELAJAR MATEMATIKAPADA SISWA KELAS VII DSMP NEGERI 2 TABANANTAHUNAJARAN2022/2023

Authors

  • evantri putri bela IKIP SARASWATI

Keywords:

Kata Kunci: Metode active learning, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Hal tersebutdiperoleh dari hasil observasi awal siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023.Tujuanpenelitianini adalah untuk mengetahuipeningkatanprestasi belajarmatematika pada siswa kelasVII D SMP Negeri 2 Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023dengan penggunaan metode Active Learning.Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain yang dikembangkan oleh Kemmis &Taggart.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPNegeri 2 Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023yangberjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Active Learningterjadi peningkatan prestasi belajar matematikapada siswa kelasVIIDSMPNeg eri2TabananTahunAjaran2022/2023.Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I sampai siklus II sebesar 60,5 dan 80,75. Dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 33,47% dan dapat dikatakan sudah melebihi kriteria keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Active Learning yang dilakukan di kelas VII D SMP Negeri 2 Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023 dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-21

How to Cite

bela, evantri putri. (2023). EFEKTIFITASMETODEACTIVELEARNINGUNTUKMENINGKATKANPRESTASIBELAJAR MATEMATIKAPADA SISWA KELAS VII DSMP NEGERI 2 TABANANTAHUNAJARAN2022/2023. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1), 1. Retrieved from http://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/569