Model Discovery Learning Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar SMP Negeri 6 Tabanan
Model Discovery Learning Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar SMP Negeri 6 Tabanan
Keywords:
Kata kunci: Discovery Learning, Aktivitas, Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelasVIII B semester II SMP Negeri 6 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah PTK, dimana dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas empat komponen dalam satu siklus, yaitu (1) perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Observasi; (4) refleksi. Subyek tindakan kelas ini melibatkan semua siswa kelas VIII B SMP Negeri 6 Tabanan sebanyak 31 orang yang terdiri dari 19 laki-laki dan 12 perempuan. Objek dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada refleksi awal rata-rata aktivitas belajar 23,12 (kurang aktif), siklus I 26,70 (cukup aktif) terjadi peningkatan menjadi 15,48% sedangkan siklus II nilai rata-rata aktivitas belajar siswa menjadi 33,41 (aktif) dengan peningkatan 25,13%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa refleksi 56,61 (kurang), pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70 (cukup), terjadi peningkatan sebesar 23,65% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80 (baik) terjadi peningkatan 14,29% . Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dalam dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Discovery Learning, Aktivitas, Hasil Belajar