PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Ni Made Vina Wilyana IKIP Saraswati

Keywords:

Pembelajaran kooperatif, STAD, aktivitas, prestasi.

Abstract

ABSTRAK

Hasil observasi pada kegiatan pembelajaran matematika di kelas VIIID SMP Negeri 6 Tabanan diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif dan tidak termotivasi sehingga dapat berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Berdasarkan persoalan tersebut, peneliti mencoba menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIIID. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sampai dua siklus. Data yang dikumpulkan adalah data aktivitas belajar dengan mengisi angket dan data prestasi belajar dengan menjawab tes uraian. Data yang terkumpul dianalisis dengan pemodelan Rasch. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata aktivitas belajar siswa siklus 1 sebesar 75,2 (aktif) dan siklus 2 sebesar 80,1 (sangat aktif), terjadi peningkatan sebesar 4,9 atau 6,51%. Untuk skor rata-rata prestasi belajar siswa siklus 1 sebesar 66,33 (tidak memenuhi KKM) dan siklus 2 sebesar 83,7 (sudah memenuhi KKM), terjadi peningkatan sebesar 17,37 atau 26,18%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIIID SMP Negeri 6 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru matematika untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa khususnya pada materi-materi yang lain.

 

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, STAD, aktivitas, prestasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Wilyana, N. M. V. (2023). PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1), 15. Retrieved from http://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/586