PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Authors

  • Ni Komang Ayu Wulandari IKIP SARASWATI TABANAN

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, Aktivitas, Prestasi Belajar

Abstract

ABSTRAK

          Hasil observasi pada kegiatan pembelajaran di kelas VIII F SMP Negeri 2 Kediri diperoleh fakta bahwa pembelajaran di kelas masih menggunakan sistem konvensional. Akibatnya siswa menjadi pasif dan kurang semangat dalam mengikuti pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang dilakukan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2022/2023. Instrument yang digunakan untuk mengambil data tentang aktivitas dan prestasi belajar siswa berasal dari bank soal sehingga kualitasnya hanya mengikuti validitas konstruk. Pengujian instrument ini menggunakan Pemodelan Rasch dengan melihat nilai infit-outfit MNSQ-ZSTD, reliabilitas, separation dan dimensionality. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII F setelah dilakukan penerapan pembelajaran kontekstual. Berdasarkan data aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh skor 66,75 (aktif) dan pada siklus II sebesar 84,5 (aktif). Skor prestasi belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara berturut-turut 60,83  dan 71,5. Dengan peningkatan rata-rata skor prestasi belajar siswa sebesar 17,54%. Kesimpulan penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kontekstual kelas VIII F SMP Negeri 2 Kediri tahun pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Aktivitas, Prestasi Belajar

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Wulandari, N. K. A. (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1), 14. Retrieved from http://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/590