UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR PPKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL QUESTIONS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TABANAN
Keywords:
Kata Kunci: Prestasi Belajar, PPKn, Active LearningAbstract
ABSTRAK
Ghanggo Lere Agustinus, 2023. Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar PPKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Role Reversal Question Pada Siswa Kelas VII H SMP NEGERI 2 Tabanan. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Saraswati Tabanan. Pembimbing I : Dr. Drs. I Wayan Wiryawan, Pembimbing II : Dra. Ni Wayan Sadri.
Kata Kunci: Prestasi Belajar, PPKn, Active Learning
Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar PPKn dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe role reversal question pada siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Tabanan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Tabanan berjumlah 37 siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari prestasi belajar dan aktivitas siswa. Prestasi belajar diperoleh melalui tes yang dilakukan pada akhir siklus, sedangkan data aktivitas siswa diperoleh dari pengamatan dalam kegiatan pembelajaran PPKn menggunakan model pembelajaran active learning tipe role reversal question. Rumus statistic yang digunakan untuk mengolah prestasi belajar siswa menggunakan statistic sederhana yaitu menggunakan rumus mencari skor rata-rata kelas. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ? 75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ? 75.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar PPKn siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Tabanan setelah menggunakan model pembelajaran active learning tipe role reversal question baik pada siklus I maupun siklus II. Hasil Presatasi dan Aktivitas belajara siswa Sebelum melaksanakan penelitian yaitu; Pada tahap pra siklus yang diberikan kepada 37 siswa, diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 67,62. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ?75 berjumlah 18 siswa atau 48,65%, sedangkan 19 siswa atau 51,35% dari jumlah siswa memperoleh nilai>75. Hasil penelitian setelah melaksanakan penelitian menunjukkan bahwa, Upaya Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar PPKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Role Reversal Question Pada Siswa Kelas VII H Melihat hal tersebut, peneliti berusaha Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas belajar PPKn pada siswa kelas VII H SMP NEGERI 2 Tabanan dengan menggunakan model pembelajaran active learning tipe role reversal question. Maka pada siklus I terjadi peningkatan nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 5,08 yaitu dari 67,62 pada kondisi awal menjadi 72,70. Jumlah siswa yang memperoleh nilai ?75 menglami peningkatan sebesar 21,62% dari kondisi awal 48,65% menjadi 70,27%, dikarenakan pada siklus I juga belum mencapai target pada kriteria ketuntasan maksimal maka dilakulakan perbaikan tindakan pada siklus II nilai rata-rata prestasi belajar siswa naik 14,54 yang pada siklus I yaitu 72,70 menjadi 87,24 pada siklus II. Siswa yang memperoleh nilai ?75 meningkat 24,33% dari 70,27% menjadi 94,60% pada siklus II. Dengan demikian siklus II sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan yaitu 75% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ?75.