Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berdasarkan Gambar
Keywords:
menulis, teks deskripsi, metode konstruktivismeAbstract
Keterampilan dalam menulis teks deskripsi menjadi salah satu capaian pembelajaran yang harus dimiliki siswa yang dapat bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini untuk memberikan sumbangan pemikiran/pendapat dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi berdasarkan gambar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sikap dan perilaku siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi berdasarkan gambar siswa setelah menerapkan metode konstruktivisme mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan metode konstruktivisme atau pada prasiklus 60,00 meningkat di siklus I menjadi 72,50. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 22,99%. Pada siklus II seluruh siswa telah tuntas (100%) dengan nilai rata-rata 83,44. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode konstruktivisme kemampuan siswa mengalami peningkatan.