Artikel Adhe Yayang Carlia
Keywords:
menulis, teks cerita fantasi, metode inkuiriAbstract
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia yang memiliki peran penting dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan pembelajaran bahasa Indonesia di SMP adalah agar siswa memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap positif terhadap bahasa indonesia. Tujuan penelitian ini untuk memberikan sumbangan pemikiran/pendapat dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis teks cerita fantasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sikap dan perilaku siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks cerita fantasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis setelah menerapkan metode inkuiri mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan metode inkuiri atau pada prasiklus 59,71 meningkat di siklus I menjadi 70,59. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 18,23%. Pada siklus II seluruh siswa telah tuntas (100%) dengan nilai rata-rata 82,35. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode inkuiri kemampuan siswa mengalami peningkatan.