Kemampuan Menceritakan Kembali Secara Tertulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tabanan

Authors

  • Citra Dian Casvarina IKIP Saraswati
  • I Wayan Subaker
  • I Made Suparta

Keywords:

menceritakan, teks iklan, metode discovery learning, tell, advertising text, discovery learning methods

Abstract

Iklan dapat diartikan sebagai teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini untuk memberikan sumbangan pemikiran/pendapat dalam rangka meningkatkan kemampuan menceritakan kembali secara tertulis teks iklan siswa kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menceritakan kembali secara tertulis teks iklan diterapkan metode discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menceritakan kembali secara tertulis teks iklan siswa kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2022/2023 setelah menerapkan metode discovery learning mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada prasiklus sebesar 68,12%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 74,06%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 80,00%. Peningkatan nilai tersebut merupakan tanda bahwa kemampuan menceritakan kembali secara tertulis teks iklan siswa kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tabanan Tahun Pelajaran 2022/2023 semakin baik karena senantiasa mengalami peningkatan. 

 

Advertising can be interpreted as text that encourages, persuades audiences to be interested in the goods and services offered. The purpose of this research is to contribute ideas/opinions in order to improve the ability to retell in writing the advertising text of Grade VIII C students of Tabanan 6 Public Middle School for the 2022/2023 academic year. This research is a classroom action research consisting of two cycles with 32 students. To improve students' ability to retell in writing advertisement text, the discovery learning method was applied. The results of the study showed that the ability to retell in writing the advertising text of class VIII C students of Tabanan 6 Public Middle School for the 2022/2023 academic year has increased after applying the discovery learning method. This is evidenced by the average value obtained in the pre-cycle of 68.12%. In cycle I the average value of students increased to 74.06%. In cycle II the average student score is 80.00%. This increase in score indicates that the ability to retell in writing the advertising text of Class VIII C students of Tabanan 6 Public Middle School for the 2022/2023 academic year is getting better because it continues to be improved. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Casvarina, C. D., Subaker, I. W., & Suparta, I. M. (2023). Kemampuan Menceritakan Kembali Secara Tertulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tabanan. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1), 1. Retrieved from http://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/624