KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII D SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TABANAN
Keywords:
Menulis Berita, Metode KonstruktivistikAbstract
Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting, sehingga dalam
keterampilan menulis ini diperlukan perhatian yang lebih serius, agar komunikasi yang dilakukan melalui
tulisan ini dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Menulis merupakan kegiatan untuk menuangkan
ide, pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang dalam bentuk tulisan. Salah satu bentuk kegiatan
menuangkan ide, pikiran, dan gagasan dalam bentuk tulisan adalah menulis berita. Penelitian ini
dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan dengan subjek penelitian siswa kelas VIII
D yang berjumlah 34 orang. Siswa dikatakan tuntas secara keseluruhan, apabila nilai rata-rata kelas
sebesar 70,00. Berdasarkan hal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Perolehan rata-rata kelas
mengalami peningkatan. Rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73,53, kemudian pada siklus II meningkat
menjadi 84,41. Peningkatan ini sebesar 14,8%. Peningkatan rata-rata kelas pada siklus II ini
mencerminkan pemahaman siswa tentang menulis berita semakin baik.