KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII D SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TABANAN

Authors

  • Oci Bili ikip saraswati
  • Ni luh Nanik Puspadi
  • Ni luh Nanik Puspadi
  • I Wayan Subaker
  • I Wayan Subaker

Keywords:

Menulis Berita, Metode Konstruktivistik

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting, sehingga dalam

keterampilan menulis ini diperlukan perhatian yang lebih serius, agar komunikasi yang dilakukan melalui

tulisan ini dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Menulis merupakan kegiatan untuk menuangkan

ide, pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang dalam bentuk tulisan. Salah satu bentuk kegiatan

menuangkan ide, pikiran, dan gagasan dalam bentuk tulisan adalah menulis berita. Penelitian ini

dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan dengan subjek penelitian siswa kelas VIII

D yang berjumlah 34 orang. Siswa dikatakan tuntas secara keseluruhan, apabila nilai rata-rata kelas

sebesar 70,00. Berdasarkan hal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Perolehan rata-rata kelas

mengalami peningkatan. Rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73,53, kemudian pada siklus II meningkat

menjadi 84,41. Peningkatan ini sebesar 14,8%. Peningkatan rata-rata kelas pada siklus II ini

mencerminkan pemahaman siswa tentang menulis berita semakin baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Bili, O., Puspadi, N. luh N., Puspadi, N. luh N., Subaker, I. W., & Subaker, I. W. (2023). KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VIII D SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TABANAN. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1), 6. Retrieved from http://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/629