Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Gagasan dalam Teks Eksposisi dengan Menerapkan Metode Konstruktivisme

Authors

  • Penina Loghe Pandak IKIP Saraswati
  • Ni Made Sueni
  • Desak Nyoman Alit Sudiarthi

Keywords:

memahami gagasan, teks eksposisi, metode konstruktivisme

Abstract

Teks eksposisi adalah tulisan yang memuat keterangan paparan/gagasan penulisnya. Berfungsi untuk mengungkapkan pikiran penulisnya tentang suatu hal/peristiwa. Tujuan penelitian, yaitu: (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memahami gagasan dalam teks eksposisi sebelum menerapkan metode konstruktivisme, (2) mendeskripsikan kemampuan kemampuan siswa dalam memahami gagasan dalam teks eksposisi sesudah menerapkan metode konstruktivisme, (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami gagasan dalam teks eksposisi siswa kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023 sesudah menerapkan metode konstruktivisme. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tabanan dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A yang berjumlah 34 orang. Siswa dikatakan tuntas secara keseluruhan, apabila nilai rata-rata kelas sebesar 70,00. Berdasarkan hal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Perolehan rata-rata kelas mengalami peningkatan. Rata-rata kelas pada siklus I sebesar 73,53, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84,41. Peningkatan ini sebesar 14,8%. Peningkatan rata-rata kelas pada siklus II ini mencerminkan pemahaman siswa tentang menulis berita semakin baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-21

How to Cite

Pandak, P. L., Sueni, N. M., & Sudiarthi, D. N. A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Memahami Gagasan dalam Teks Eksposisi dengan Menerapkan Metode Konstruktivisme. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1), 8. Retrieved from http://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/634