PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERPENDEKATAN STEAM BERBANTUAN MEDIA AQUASCAPE DI SMA NEGERI 1 RINDI

Authors

  • Husen Yusuf IKIP Saraswati
  • I Gst Agung Ayu Nova Dwi Marhaeni
  • Luh De Julia Artayani

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i1.687

Keywords:

PjBL, STEAM, Aquascape

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Project Based Learning berpendekatan STEAM berbantuan media Aquascape terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rindi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kulaitatif dengan Desain Pre-experimental dan rancangan one shot case study dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Rindi. Instrumen penelitian berupa lembar onservasi dan tes hasil belajar berbentuk multiple choice. Metode analisis data dengan menggunkan analisis deskriptif kuantitatif dengan mendeskripsikan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata hasil belajar dan ketuntasan klasikal sebelum dan sesudah penerapan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pretest hingga posttest dari kategori cukup (69,29) menjadi kategori sangat baik (85,17) dengan besar peningkatan 22, 05%. Efektivitas penerapan Project Based Learning berpendekatan STEAM dengan berbantuan media Aquascape berada dalam kategori sedang dengan nilai N-gain score sebesar 0,51. Sehingga dapar disimpulkan bahwa pembelajaran Project Based Learning berpendekatan STEAM berbantuan media Aquascape dapat menigkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Rindi pada materi Ekosistem.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-06-2024