MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF

Authors

  • Yutri Oktaviani IKIP Saraswati
  • I Made Sudiana
  • I Ketut Surata
  • I Wayan Suartana

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i1.689

Keywords:

model PBL, minat belajar

Abstract

Rendahnya minat belajar peserta didik disebabkan oleh cara mengajar guru yang cenderung mendominasi pengetahuan. Kegiatan pembelajaran berpusat pada guru (Teacher Centered Learning/TCL). Peserta didik menjadi pasif, minat dan motivasinya menjadi rendah karena peserta didik kurang memperoleh pengalaman belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran inovatif (MPI) yaitu dengan model problem based learning (PBL). Data penelitian dikoleksi menggunakan metode kuisioner minat belajar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam kualifikasi tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berhasil mendorong minat belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-06-2024