PEMBELAJARAN BERDIFERENSI BERBASIS PBL MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Sartiana . IKIP Saraswati
  • I Made Sudiana
  • I Gst Agung Ayu Nova Dwi Marhaeni
  • I Wayan Suartana

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i1.690

Keywords:

model PBL, pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Masalah yang terindentifikasi dalam kegiatan pembelajaran yaitu rendahnya keaktifan belajar peserta didik. Tujuan penelitian yaitu mengatasi masalah rendahnya keatifan belajar siswa melalui penerapan model problem based learning (PBL) dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian menggunakan metode observasi. Data hasil penelitian dianalis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan model PBL dan tidak menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi, keaktifan belajar peserta didik dalam kualifikasi sangat kurang dengan rerata skor 2,13. Keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi sangat aktif dengan rerata skor 3,93 setelah penerapan model PBL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu penerapan Model PBL dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi telah secara nyata meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

19-06-2024