IMPLEMENTASI MODEL KOLABORATIF LEARNING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 3 PENGASTULAN

Authors

  • Komang Suryaningsih Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.757

Keywords:

Kolaboratif Learning, hasil belajar, Bahasa Indonesia, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Kolaboratif Learning dalam
meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan
adalah kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest, dan subjek penelitian
terdiri dari 30 siswa kelas 2 SDN 3 Pengastulan. Tes hasil belajar diberikan sebelum dan sesudah
penerapan model Kolaboratif Learning sebagai alat pengukuran. Data dianalisis menggunakan
statistik deskriptif, yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan histogram. Uji normalitas
dilakukan dengan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test, sementara uji homogenitas dilakukan
menggunakan Variance Homogeneity Test. Uji signifikansi statistik dilakukan menggunakan
Paired Samples t-Test melalui perangkat lunak SPSS versi 29.0. Hasil analisis menunjukkan
bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (9.524 > 2.160), dan nilai Sig dua sisi lebih
kecil dari 0.05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, penerapan model
Kolaboratif Learning berbasis secara signifikan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia
siswa kelas 2 SD Negeri 3 Pengastulan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, R. (2021). Pembelajaran untuk

Meningkatkan Rasa Tanggung

Jawab Siswa. Jurnal Pendidikan dan

Kebudayaan, 16(3), 123-134.

Gunawan, B. (2018). Integrasi dalam

Pembelajaran untuk Meningkatkan

Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan

Multikultural, 12(2), 45-59.

Hidayat, A., & Lestari, D. (2023).

Pembelajaran Kolaboratif Berbasis

Konteks Lokal dalam Pengembangan

Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal

Inovasi Pendidikan Dasar, 11(1), 78-91.

Mustafa, H. (2021). Kelemahan Pendekatan

Konvensional dalam Pembelajaran

di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan

Dasar Indonesia, 14(1), 23-33.

Nugroho, F., et al. (2022). Pengaruh

Pembelajaran terhadap Minat dan

Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian

Pendidikan, 19(2), 89-101.

Putra, R., & Dewi, S. (2020). Efektivitas

Pembelajaran

dalam Meningkatkan Keterlibatan dan

Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan

Budaya, 15(4), 56-68.

Sari, A., et al. (2021). Pembelajaran

Berbasis Kolaborasi untuk Meningkatkan

Pemahaman dan Pemecahan Masalah

Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(3),

105-119.

Slavin, R. E. (2014). Cooperative Learning:

Theory, Research, and Practice (2nd ed.).

Boston: Allyn & Bacon.

Wati, L. (2021). Pengaruh Integrasi Budaya

Lokal dalam Pembelajaran terhadap Sikap

Positif dan Hasil Akademis Siswa. Jurnal

Pendidikan Dasar, 13(2), 112-125.

Winarno, T. (2020). Pentingnya Metode

Pembelajaran Kontekstual dalam

Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal

Pendidikan Dasar Indonesia, 18(1), 23-38.

Yulia, E., & Suryadi, A. (2019). Penerapan

Pembelajaran Kolaboratif untuk

Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil

Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar,

10(2), 88-102.

Downloads

Published

09-01-2025