IMPLEMENTASI MODEL KOLABORATIF LEARNING DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 3 PENGASTULAN
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.757Keywords:
Kolaboratif Learning, hasil belajar, Bahasa Indonesia, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Kolaboratif Learning dalam
meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan
adalah kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest, dan subjek penelitian
terdiri dari 30 siswa kelas 2 SDN 3 Pengastulan. Tes hasil belajar diberikan sebelum dan sesudah
penerapan model Kolaboratif Learning sebagai alat pengukuran. Data dianalisis menggunakan
statistik deskriptif, yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan histogram. Uji normalitas
dilakukan dengan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test, sementara uji homogenitas dilakukan
menggunakan Variance Homogeneity Test. Uji signifikansi statistik dilakukan menggunakan
Paired Samples t-Test melalui perangkat lunak SPSS versi 29.0. Hasil analisis menunjukkan
bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (9.524 > 2.160), dan nilai Sig dua sisi lebih
kecil dari 0.05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, penerapan model
Kolaboratif Learning berbasis secara signifikan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia
siswa kelas 2 SD Negeri 3 Pengastulan.
Downloads
References
Astuti, R. (2021). Pembelajaran untuk
Meningkatkan Rasa Tanggung
Jawab Siswa. Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan, 16(3), 123-134.
Gunawan, B. (2018). Integrasi dalam
Pembelajaran untuk Meningkatkan
Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan
Multikultural, 12(2), 45-59.
Hidayat, A., & Lestari, D. (2023).
Pembelajaran Kolaboratif Berbasis
Konteks Lokal dalam Pengembangan
Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal
Inovasi Pendidikan Dasar, 11(1), 78-91.
Mustafa, H. (2021). Kelemahan Pendekatan
Konvensional dalam Pembelajaran
di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan
Dasar Indonesia, 14(1), 23-33.
Nugroho, F., et al. (2022). Pengaruh
Pembelajaran terhadap Minat dan
Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian
Pendidikan, 19(2), 89-101.
Putra, R., & Dewi, S. (2020). Efektivitas
Pembelajaran
dalam Meningkatkan Keterlibatan dan
Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan
Budaya, 15(4), 56-68.
Sari, A., et al. (2021). Pembelajaran
Berbasis Kolaborasi untuk Meningkatkan
Pemahaman dan Pemecahan Masalah
Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(3),
105-119.
Slavin, R. E. (2014). Cooperative Learning:
Theory, Research, and Practice (2nd ed.).
Boston: Allyn & Bacon.
Wati, L. (2021). Pengaruh Integrasi Budaya
Lokal dalam Pembelajaran terhadap Sikap
Positif dan Hasil Akademis Siswa. Jurnal
Pendidikan Dasar, 13(2), 112-125.
Winarno, T. (2020). Pentingnya Metode
Pembelajaran Kontekstual dalam
Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal
Pendidikan Dasar Indonesia, 18(1), 23-38.
Yulia, E., & Suryadi, A. (2019). Penerapan
Pembelajaran Kolaboratif untuk
Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil
Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar,
10(2), 88-102.















