PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 MENGESTA
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.759Abstract
Metode diskusi kelompok adalah metode pembelajaran yang terstruktur, di mana sejumlah individu
berinteraksi secara langsung dalam suasana yang tidak formal untuk berbagi pengalaman atau informasi, serta mencapai solusi atau kesimpulan terkait permasalahan tertentu. Metode ini dirancang untuk mendukung pembelajaran atau kerja kelompok dengan melibatkan beberapa peserta didik dalam
penyelesaian tugas, pekerjaan, atau permasalahan. Meskipun metode diskusi kelompok sangat efektif
dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia,
banyak guru yang belum menerapkan metode ini secara optimal di kelas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode diskusi kelompok terhadap
prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan pada 30 siswa kelas
4 di SDN 2 Mengesta dengan menggunakan instrumen berupa lembar refleksi, modul ajar, lembar kerja
peserta didik, dan soal evaluasi yang dikerjakan siswa pada setiap siklus pembelajaran. Data dianalisis
menggunakan teknik observasi dan dokumentasi terhadap hasil belajar siswa di akhir setiap siklus.
Kriteria ketuntasan belajar individu ditetapkan pada nilai minimal 65, sedangkan ketuntasan belajar
klasikal ditargetkan pada 80% siswa yang mencapai nilai tersebut. Temuan penelitian ini diharapkan
dapat memberikan wawasan baru bagi pendidik mengenai alternatif media dan strategi pembelajaran
yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa secara efektif, sehingga metode ini dapat diterapkan
secara lebih luas dalam konteks pembelajaran di kelas
Downloads
References
H. Masrik, H. M. (2019). Penggunaan Metode
Diskusi Kelompok Guna Meningkatkan
Hasil Belajar Materi Menemukan Ide Bacaan
Teks Di Smp. Jurnal Kajian Pembelajaran
Dan Keilmuan, 3(2), 208. https://doi.
org/10.26418/jurnalkpk.v3i2.41215
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran
Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu
Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan,
3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/
educendikia.v3i03.3429
Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis
Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran
Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12
Singkawang. Journal of Educational
Review and Research, 2(1), 55. https://doi.
org/10.26737/jerr.v2i1.1853
PUWERMAN, P. (2021). Upaya Peningkatan
Kompetensi Belajar Bahasa Indonesia
Melalui Metode Diskusi Kelompok
Menggunakan Point System Bagi Siswa
Kelas X Sman 16 Tebo. SECONDARY:
Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah,
1(4), 329–335. https://doi.org/10.51878/
secondary.v1i4.633
Ratnadi, N. K. S. (2019). Metode Diskusi
Kelompok Kecil untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran IPA
Indonesia, 9(3), 156–164. https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/
article/view/2936/1573
Rosianty, R. (2022). Penggunaan Metode Diskusi
Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik di
Kelas I SDN 58/X Teluk Majelis Semester
Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Journal
on Education, 4(2), 522–532. https://doi.
org/10.31004/joe.v4i2.467
Sukarniati, S. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar
Bahasa Indonesia dengan Menerapkan
Model Pengajaran Teka-teki pada Siswa
Kelas V SDN 1 Sengkerang. Bintang, 3(1),
212–234.
Tentrem Budihartini. (2022). Efektivitas Metode
Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan
Pengetahuan Siswa Kelas X SMA Negeri
1 Mirit. PESHUM : Jurnal Pendidikan,
Sosial Dan Humaniora, 2(1), 88–93. https://
doi.org/10.56799/peshum.v2i1.1005
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024).
Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK):
Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa
di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal
Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4),
19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Warsadi, W. (2020). Prestasi Belajar Bahasa
Indonesia: Pengaruh Minat Belajar dan
Motivasi Belajar. Diskursus: Jurnal
Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03),
267. https://doi.org/10.30998/diskursus.
v2i03.6710















