PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 MENGESTA

Authors

  • Luh Ketut Ari Utami Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.759

Abstract

Metode diskusi kelompok adalah metode pembelajaran yang terstruktur, di mana sejumlah individu
berinteraksi secara langsung dalam suasana yang tidak formal untuk berbagi pengalaman atau informasi, serta mencapai solusi atau kesimpulan terkait permasalahan tertentu. Metode ini dirancang untuk mendukung pembelajaran atau kerja kelompok dengan melibatkan beberapa peserta didik dalam
penyelesaian tugas, pekerjaan, atau permasalahan. Meskipun metode diskusi kelompok sangat efektif
dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia,
banyak guru yang belum menerapkan metode ini secara optimal di kelas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode diskusi kelompok terhadap
prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan pada 30 siswa kelas
4 di SDN 2 Mengesta dengan menggunakan instrumen berupa lembar refleksi, modul ajar, lembar kerja
peserta didik, dan soal evaluasi yang dikerjakan siswa pada setiap siklus pembelajaran. Data dianalisis
menggunakan teknik observasi dan dokumentasi terhadap hasil belajar siswa di akhir setiap siklus.
Kriteria ketuntasan belajar individu ditetapkan pada nilai minimal 65, sedangkan ketuntasan belajar
klasikal ditargetkan pada 80% siswa yang mencapai nilai tersebut. Temuan penelitian ini diharapkan
dapat memberikan wawasan baru bagi pendidik mengenai alternatif media dan strategi pembelajaran
yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa secara efektif, sehingga metode ini dapat diterapkan
secara lebih luas dalam konteks pembelajaran di kelas

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Masrik, H. M. (2019). Penggunaan Metode

Diskusi Kelompok Guna Meningkatkan

Hasil Belajar Materi Menemukan Ide Bacaan

Teks Di Smp. Jurnal Kajian Pembelajaran

Dan Keilmuan, 3(2), 208. https://doi.

org/10.26418/jurnalkpk.v3i2.41215

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran

Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu

Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan,

3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/

educendikia.v3i03.3429

Nani, N., & Hendriana, E. C. (2019). Analisis

Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran

Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12

Singkawang. Journal of Educational

Review and Research, 2(1), 55. https://doi.

org/10.26737/jerr.v2i1.1853

PUWERMAN, P. (2021). Upaya Peningkatan

Kompetensi Belajar Bahasa Indonesia

Melalui Metode Diskusi Kelompok

Menggunakan Point System Bagi Siswa

Kelas X Sman 16 Tebo. SECONDARY:

Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah,

1(4), 329–335. https://doi.org/10.51878/

secondary.v1i4.633

Ratnadi, N. K. S. (2019). Metode Diskusi

Kelompok Kecil untuk Meningkatkan

Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran IPA

Indonesia, 9(3), 156–164. https://ejournalpasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/

article/view/2936/1573

Rosianty, R. (2022). Penggunaan Metode Diskusi

Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil

Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik di

Kelas I SDN 58/X Teluk Majelis Semester

Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Journal

on Education, 4(2), 522–532. https://doi.

org/10.31004/joe.v4i2.467

Sukarniati, S. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar

Bahasa Indonesia dengan Menerapkan

Model Pengajaran Teka-teki pada Siswa

Kelas V SDN 1 Sengkerang. Bintang, 3(1),

212–234.

Tentrem Budihartini. (2022). Efektivitas Metode

Diskusi Kelompok dalam Meningkatkan

Pengetahuan Siswa Kelas X SMA Negeri

1 Mirit. PESHUM : Jurnal Pendidikan,

Sosial Dan Humaniora, 2(1), 88–93. https://

doi.org/10.56799/peshum.v2i1.1005

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024).

Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK):

Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa

di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal

Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4),

19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Warsadi, W. (2020). Prestasi Belajar Bahasa

Indonesia: Pengaruh Minat Belajar dan

Motivasi Belajar. Diskursus: Jurnal

Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(03),

267. https://doi.org/10.30998/diskursus.

v2i03.6710

Downloads

Published

09-01-2025