PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA KELAS VI SDN 8 BANJAR ANYAR
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.770Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan menganalisis unsurunsur intrinsik cerpen siswa kelas VI SDN 8 Banjar Anyar setelah penggunaan model kooperatif
tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian dilaksanakan
di SDN 8 Banjar Anyar. Sedangkan populasinya merupakan siswa kelas VI yang berjumlah
26 siswa. Hasil penelitian siklus I menyatakan bahwa 42,31% siswa masih belum memenuhi
ketuntasan klasikal dalam materi menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen, sedangkan 57,69%
siswa sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang telah ditentukan. Hasil siklus II diperoleh data
bahwa 3,85% siswa masih belum memenuhi ketuntasan klasikal, sedangkan 96,15% siswa
sudah memenuhi ketuntasan klasikan yang telah ditentukan Berdasarkan peningkatan hasil
mengalisis unsur-unsur intrinsik cerpen siswa dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model kooperatif learning tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan
menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen siswa kelas VI SDN 8 Banjar Anyar.
Downloads
References
Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa
indonesia dan sastra (basastra) di sekolah
dasar. PERNIK, 3(1), 35-44.
Badan Standar Nasional Pendidikan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
SD/MI. 2006. Jakarta: Depdiknas.
Eci, H., Rochmiyati, S., & Dewana, E.
N. (2024, August). Penerapan Model
Kooperatif Learning Tipe TGT Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IIB
Pada Pendidikan Pancasila. In Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan Profesi
Guru (Vol. 3, No. 1, pp. 1021-1028).
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa
Indonesia dan sastra (BASASTRA) di SD
dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan
Dasar, 2(1), 81.
Mulyasa, E. (2018). Strategi Pembelajaran
Inovatif dan Berorientasi Konstruktivistik.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putri, A., et al. (2019). “Pengaruh Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Siswa.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan
Sastra, 10(2), 121-130.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran:
Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, A. (2013). 68 Pembelajaran Inovatif
dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning:
Theory, Research, and Practice. Boston:
Allyn and Bacon.
Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning:
Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa
Media.
Susanto, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran
Cooperative Learning Tipe TGT terhadap
Pemahaman Bacaan Siswa Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 132-141.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan
Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan
Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/
aw.v4i1.927
Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai
Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Wardani, L. (2020). Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui
Pembelajaran Tipe TGT. Jurnal Penelitian
Pendidikan, 27(1), 25-3.