PENERAPAN MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN SISWA KELAS VI SDN 8 BANJAR ANYAR

Authors

  • Ni Luh Kade Dwi Aryani Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan menganalisis unsurunsur intrinsik cerpen siswa kelas VI SDN 8 Banjar Anyar setelah penggunaan model kooperatif
tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi penelitian dilaksanakan
di SDN 8 Banjar Anyar. Sedangkan populasinya merupakan siswa kelas VI yang berjumlah
26 siswa. Hasil penelitian siklus I menyatakan bahwa 42,31% siswa masih belum memenuhi
ketuntasan klasikal dalam materi menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen, sedangkan 57,69%
siswa sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang telah ditentukan. Hasil siklus II diperoleh data
bahwa 3,85% siswa masih belum memenuhi ketuntasan klasikal, sedangkan 96,15% siswa
sudah memenuhi ketuntasan klasikan yang telah ditentukan Berdasarkan peningkatan hasil
mengalisis unsur-unsur intrinsik cerpen siswa dari siklus I ke siklus II maka dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model kooperatif learning tipe TGT dapat meningkatkan kemampuan
menganalisis unsur-unsur intrinsik cerpen siswa kelas VI SDN 8 Banjar Anyar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran bahasa

indonesia dan sastra (basastra) di sekolah

dasar. PERNIK, 3(1), 35-44.

Badan Standar Nasional Pendidikan.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

SD/MI. 2006. Jakarta: Depdiknas.

Eci, H., Rochmiyati, S., & Dewana, E.

N. (2024, August). Penerapan Model

Kooperatif Learning Tipe TGT Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Kelas IIB

Pada Pendidikan Pancasila. In Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan Profesi

Guru (Vol. 3, No. 1, pp. 1021-1028).

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa

Indonesia dan sastra (BASASTRA) di SD

dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan

Dasar, 2(1), 81.

Mulyasa, E. (2018). Strategi Pembelajaran

Inovatif dan Berorientasi Konstruktivistik.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, A., et al. (2019). “Pengaruh Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Siswa.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan

Sastra, 10(2), 121-130.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran:

Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, A. (2013). 68 Pembelajaran Inovatif

dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative Learning:

Theory, Research, and Practice. Boston:

Allyn and Bacon.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning:

Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa

Media.

Susanto, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran

Cooperative Learning Tipe TGT terhadap

Pemahaman Bacaan Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 132-141.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan

Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan

Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/

aw.v4i1.927

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai

Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

Wardani, L. (2020). Meningkatkan

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui

Pembelajaran Tipe TGT. Jurnal Penelitian

Pendidikan, 27(1), 25-3.

Downloads

Published

09-01-2025