PEMBELAJARAN DIRECT INTRUCTION BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN PANGKUNG TIBAH
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.774Keywords:
direct instruction, Media Gambar, flashcardAbstract
Tujuan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
menulis siswa dengan penerapan model pembelajaran direct instruction dengan media gambar berbentuk
flashcard dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Pangkung Tibah Semester
I Tahun Pelajaran 2024/2025. Subjek di dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah
22 orang siswa terdiri dari 11 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki, sedangkan lokasi penelitian
diadakan di SD Negeri Pangkung Tibah Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Dalam hal pengumpulan
data digunakan beberapa instrumen, diantaranya: lembar observasi dan tes formatif. Dari hasil analisis
data diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan hasil belajar menulis siswa dalam belajar membuat teks
deskripsi melalui penerapan model pembelajaran langsung dengan media gambar. Pada pra siklus nilai
rata-rata siswa 63,5 dengan ketuntasan belajar 64% atau 14 orang siswa, di Siklus I ketuntasan klasikal
68% atau 16 orang siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 68, kemudian pada Siklus II ketuntasan
klasikal 95%, nilai rata-rata 86. Simpulan yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas
adalah terjadi peningkatan hasil belajar menulis siswa dalam membuat teks deskripsi pada siswa kelas
IV SD Negeri Pangkung Tibah.
Downloads
References
Trijuliani, Dewa Ayu. 2007. Imlementasi Pendidikan Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Langsung Dalam Upaya Meningkatkan
Prestasi Belajar Agama Hindu Siswa di SMA
Negeri 2 Tabanan. PTK. Denpasar: IHDN
Denpasar.
Sutrisno, Hadi. 1981. Metodelogi Riset Jilid I.
Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada Yogyakarta.
Tim penyusun. 2003. Undang-Undang RI No. 20
tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEPDIKNAS RI.
Fraenkel, Jack R. and Norman E. Wallen. 1993.
How to Design and Evaluate Research in
Education. Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.
Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning.Third Edition. New York: Holt, Reinhart
and Winston.
Gay, L. R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Seventh
Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing
Company.
Good, Thomas L. & Jere E. Brophy. 1990. Educational Psychology, A Realistic Approach.
New York: Longman.
Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar.
Jakarta: Penerbit Erlangga.
Suharsimi Arikunto. (1993). Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Dimyati dan Mujiono 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: DepartemenPendidikan dan
Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi, Proyek Pengambangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Dimyati dan Mujiono, 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan
Tinggi, Proyek Pengambangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan















