PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II SD

Authors

  • I Wayan Suwiadnyana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.789

Keywords:

keaktifan siswa belajar, problem based learning

Abstract

Berdasarkan hasil observasi Penelitian yang dilakukan di kelas II SD No. 1 Seminyak Tahun Pelajaran
2024/2025 kondisi pembelajaran di masa pandemi dikelas belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
Kegiatan siswa dalam pembelajaran hanya sekedar mendapatkan mendengarkan penyampaian materi dari
guru dan mengerjakan tugas dari guru, 15 dari 2 siswa tidak aktif saat berdiskusi kelompok, bahkan tidak
menyelesaikan lembar kerja peserta didik yang telah diberikan oleh guru dan juga tidak berani memberikan
tanggapan ataupun mengajukan dan menjawab pertanyaan teman yang sedang melakukan presentasi.
Akibatnya, dalam aktivitas kelompok tersebut hanya beberapa siswa yang aktif mendominasi baik saat
proses diskusi menyelesaikan tugas maupun ketika mempresentasikan hasil diskuasi dan hasil kerja
kelompoknya. Hal yang demikian dapat dikatakan sebagai sebuah keadaan yang menunjukkan keaktifan
belajar siswa yang rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diambil tindakan perbaikan dalam
pembelajaran untuk meningktakn keaktifan dan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan penerapan
model pembalajaran problem based learning. Problem based learning merupakan salah satu metode
pembelajaran yang dijelaskan pada bagian kurikulum merdeka. Metode problem based learning
merupakan suatu model pembelajaran yang diidasarkan pada banyaknya yang membutuhkan penyelidikan
autentik yakni penyelidikan yang membutuhkan penyelesaian nyata dari suatu permasalahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar

dan Pembelajaran. Jakarta: PT

Rineka Cipta.

Eveline Siregar & Hartini Nara. (2014). Teori dan

Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kencana.

Moh. Uzer Usman. (2011). Menjadi Guru

Profesional. Bandung: PT Remaja Ros

dakarya.

Nana Sudjana & Wari Sawariyah. (2010). Modelmodel mengajar CBSA.Bandung: Sinar

Baru Algensindo.

Nanang Hanafiah & Cucu Suhana. (2012). Konsep

Strategi Pembelajaran.

Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar.

Jakarta: Bumi Aksara.

Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian

Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga

Penelitian UNY. Raja Grafindo Persada.

Sardiman A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi

Belajar Mengajar. Jakarta: PT Suharsimi

Trianto (2010). Model Pembelajaran Terpadu:

Konsep, Strategi, dan Implementasinya

dalam Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran

Inovatif-Progresif. Jakarta:

Wina, Sanjaya. (2011). Kurikulum dan

Pembelajaran: Teori dan Praktik

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Trianto (2010). Model Pembelajaran Terpadu:

Konsep, Strategi, dan Implementasinya

dalam Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran

Inovatif-Progresif. Jakarta:

Wina Sanjaya. (2011). Kurikulum dan

Pembelajaran: Teori dan Praktik

Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

10-01-2025