PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BIOGRAFI SISWA KELAS X.9 SMAN 5 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v23i1.818Keywords:
PjBL, Audiovisual, Menulis, Teks BiografiAbstract
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, tes dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dalam kemampuan menulis teks biografi
siswa, adapun nilai rata-rata yang diperoleh siswa dari pretest/tes awal adalah sebesar 46,68 meningkat
menjadi 62,88 pada siklus I, dan mencapai 83,17 pada siklus II dengan kategori sangat baik. Penggunaan
media audio visual terbukti mampu meningkatkan motivasi, kreativitas, serta kualitas tulisan siswa.
Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode Project Based Learning (PjBL) berbasis media
audio visual sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam meningkatkan keterampilan
menulis teks biografi siswa.
Downloads
References
Afriana, J. (2015). Project based learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Amelia, A, Nazla MU. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Dan Merancang Asesmen Puisi Menggunakan Model Project Based Learning Pada Siswa Kelas X di SMK N 7 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang, 2(1). Asira, Y., Huri, D., & Suprihatin, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi (Penelitian Quasi Eksperimen) pada Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Rawamerta. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(10), 881-891. Gaupati, P. A., Nufus, H., & Agustina, J. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Shailendra Palembang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 1374-1378. Mandasari, C., & Syahrul, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Bukittinggi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 21-28. Muzaqi, A., Rulviana, V., & Wuryaningsih, R. S. (2023). Peningkatan keterampilan menulis teks biografi bentuk infografis dengan pembelajaran project based learning pada kelas X7 di SMA Negeri 1 Magetan. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 21(1), 164-175. Handiyani, S. (2016). Buku Siswa Bahasa dan Sastra Interaksi Indonesia Sarana dan Berekspresi untuk SMA/MA Kelas X Peminatan Ilmu- Ilmu Bahasa dan Budaya. Jakarta: Grafindo Media Pratama. Harahap, S. (2014). Metodologi Studi Tokoh & Penulisan Biografi. Jakarta: Prenada Media. Priyanti, P. (2014). Project Based Learning: Teori dan Praktik dalam Pembelajaran. Surabaya: Penerbit Cendekia. Rohma, N. I. (2022). Kemampuan Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation,Universitas_ Muhammadiyah_Mataram). Sari, S. D., UTAMI, A. S., & SUNARYO, H. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Biografi Melaui Model Think Talk Write Padasiswa Kelas X IPA 2 SMA N 09 Malang. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(1), 65-76. Septiani, M. T. (2019). Media Audio Visual untuk Pembelajaran Musikalisasi Puisi. Basindo, 3(1), 31-37. Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran: Visual, Audio Visual, Komputer, PowerPoint, Internet, Interactive Video. Jakarta: Kata Pena. Widayati, Ani. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 6(1), 87-93.















