PEMANFAATAN MUSEUM ARKEOLOGI GEDONG ARCA DI BEDULU GIANYAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Nyoman Suryawan IKIP Saraswati
  • I Ketut Arya Sentana Maharta IKIP Saraswati
  • A.A Sri Yudi Aprilaningrum IKIP Saraswati

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v23i1.819

Keywords:

museum, media, sumber belajar sejarah

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memahami pemanfaatan museum sebagai media sumber
bekajar sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian etnografi yang menggunakan metode eksploratif
yang dilakukan intensip dalam waktu tertentu terkait dengan fokus masalah dan objek kajian. Berkenaan
dengan itu, dilakukan berbagai tindakan melalui penggalian data secara intensip, katagorisasi data,
penyususunan data yang didasarkan atas temuan di lapangan. Instrumen pengumpulan data terdiri
dari observasi, wawancara, angket dan pencatatan dokumentasi. Keseluruhan data dalam penelitian
ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif dengan langkah-langkah yaitu 1)
pengumpulan dan katagorisasi data, 2) penafsiran atau interpretasi data, 3) reduksi data,4) penarikan
kesimpulan, dan 5) verifikasi dan justifikasi temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
keberadaan Museum Arkeologi Gedong Arca yang memiliki koleksi artepak dan peninggalan budaya
lainnya baik pada jaman prasejarah dan jaman sejarah selain memiliki daya tarik untuk pariwisata juga
dapat dimanfaatkan sebagai media sumber belajar sejarah bagi siswa sekolah. Ada beberapa manfaat
yang dapat diperoleh siswa dengan menjadikan museum sebagai media belajar sejarah yaitu.1) mendapat
pengalaman langsung, dengan melihat artefak atau peninggalan budaya lainnya.,2) memperkaya
pengetahuan melalui informasi mendalam tentang berbagai aspek sejarah,3) memperkuat pemahaman,
tentang topik sejarah tertentu,4) menstimulasi kreativitas, dalam mengembangkan pemikiran historis ,5)
menumbuhkan minat terhadap sejarah dan warisan budaya, dan 6) memahami berbagai dan persfektif
tentang peristiwa sejarah tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Tsabit Azinar. 2005. Memahami Zaman Prasejarah Optimalisasi dengan Media Pembelajaran. Semarang: Pendidikan Sejarah IIIA. Ahmad,Tsabit Azinar,2010. “Staregi Pemanfaatan Museum Sebagai Media Pembeljaran Pada Materi Pembelajaran Prasejarah”. Paramita Vol. 20, No. 1 - Januari 2010 hal 108 Natawidjaja, Rochman.(ed). 1979. Alat Peraga dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Mustopo, Habih M. 2006. Sejarah 1. Yudistira : Jakarta Moleong,Lexy.2009. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Rosda Putri, Galang Giri , 2025. Eksistensi Museum Sebagai Sumber Belajar Sejarah Indonesia. Skripsi IKIP Saraswati Sadiman, Arief W. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Perkembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press. Soekmono, R. 1988. Sejarah Kebudayaan Indonesia I. Yogyakarta: Kanisius Sulaiman, Jusuf. 1990. Permuseuman Indonesia. Jakarta: Cipta Adi Pustaka. Soekmono.R, 1981. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 1. Yogyakarta : Kanisius Sutaba, I Made. 1980. Prasejarah Bali. Denpasar : Yayasan Purbakala Bali

Downloads

Published

27-06-2025