INTEGRASI KECERDASAN BUATAN DALAM PENDIDIKAN MATEMATIKA: TINJAUAN SISTEMATIS TENTANG IMPLEMENTASI KECERDASAN BUTAAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • I Made Adi Yasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Agustini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Rasben Dantes Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gde Wawan Sudhata Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v23i1.839

Keywords:

kecerdasan buatan, pembelajaran matematika

Abstract

Kemajuan pesat dalam Kecerdasan Buatan (AI) telah membawa paradigma baru yang berpotensi mentransformasi pendidikan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk secara sistematis mengkaji dampak integrasi AI dalam pembelajaran matematika. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini melaksanakan tinjauan literatur sistematis yang didasarkan pada kerangka kerja PICOS dan protokol PRISMA. Proses seleksi ketat terhadap artikel di aplikasi Mendeley menghasilkan 19 jurnal relevan untuk dianalisis secara mendalam. Hasil utama menunjukkan bahwa penerapan AI dalam berbagai bentuk, seperti Intelligent Tutoring Systems (ITS), chatbot, robotika edukasional, dan Large Language Models (LLM), secara signifikan meningkatkan personalisasi pembelajaran, keterlibatan siswa, dan kinerja akademik melalui pemahaman konseptual serta aplikasi praktis. Kesimpulannya, AI memiliki potensi besar sebagai alat pendukung yang kuat bagi pendidik, bukan sebagai pengganti. Untuk memaksimalkan manfaatnya, diperlukan pendekatan yang bijaksana dan berfokus pada siswa, didukung oleh pengembangan profesional guru yang menyeluruh, desain AI yang etis, serta penelitian berkelanjutan untuk memastikan integrasi yang efektif dan adil dalam pendidikan matematika.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-qiam, H. A. A., AL-Derabseh, R. A. S., ALARIFI, N. A. H., Shater, A., Al lawama, H. ismail, & Darawsheh, S. R. (2023). Artificial Intelligence and Its Relationship to Teaching School and University Mathematics in Jordan. International Journal of Membrane Science and Technology, 10(2), 1972. https://doi.org/10.15379/ijmst. v10i2.2726 Anggraini, R., Hutapea, N. M., & Amalina, A. (2021). Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Problem Based Learning untuk Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Sebuah Studi Pengembangan). JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(4), 339. https://doi.org/10.24014/juring. Auna, H. S. A., & Hamzah, N. (2024). STUDI PERSPEKTIF SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN CHATGPT. HINEF Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 13. https://doi.org/10.37792/hinef. v3i1.1160 Engelbrecht, J., & Borba, M. C. (2023). Recent developments in using digital technology in mathematics education. ZDM, 56(2), 281. https://doi. org/10.1007/s11858-023-01530-2 Ezenwobodo, E., & Samuel, S. (2024). Evaluating the Perceptions of Mathematics Educators and Students Regarding the Integration of Artificial Intelligence in Mathematics Education at Colleges of Education in Anambra State. International Journal of Research Publication and Reviews, 5(2), 82. https://doi.org/10.55248/ gengpi.5.0224.0404 Fernández, P. V. (2023). The Symbiosis between Artificial Intelligence and Secondary Teaching. School Mathematics Fu, A. (2024). Investigation of recent advances related to AI in mathematics education. Applied and Computational Engineering, 37(1), 86. https://doi. org/10.54254/2755-2721/37/20230476 GADANIDIS, G., LI, L., & TAN, J. (2024). Mathematics and Artificial Intelligence: Intersections Implications. and Educational Güler, N. K., Dertli, Z. G., Boran, E., & Y?ld?z, B. (2024). An artificial intelligence application in mathematics education: Evaluating ChatGPT’s academic achievement in a mathematics exam. Pedagogical Research, 9(2). https:// doi.org/10.29333/pr/14145 Handoko Putri, M., & Kadir Sugiharto, A. (n.d.). IMPLEMENTASIDEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MORAL DI ERA DIGITAL. Hidayat, R., Mohamed, M. Z. bin, Suhaizi, N. N. binti, Sabri, N. binti M., Mahmud, M. K. H. bin, & Baharuddin, S. N. binti. (2022). Artificial intelligence in mathematics education: A systematic literature review. International Electronic Journal of Mathematics Education, 17(3). https://doi. org/10.29333/iejme/12132 Jan?a?ík, A., Michal, J., & Novotná, J. (2023). Using AI Chatbot for Math Tutoring. Journal of Education Culture and Society, 14(2), 285. https://doi. org/10.15503/jecs2023.2.285.296 Jin, S. J., Abdullah, A. H., Mokhtar, M., & Kohar, U. H. A. (2022). The Potential of Big Data Application in Mathematics Education in Malaysia. Sustainability, 14(21), 13725. https://doi.org/10.3390/ su142113725 Laksana, F. S. W., & Fiangga, S. (2022). THE DEVELOPMENT OF WEB-BASED CHATBOT AS A MATHEMATICS LEARNING MEDIA ON SYSTEM OF LINEAR EQUATIONS IN THREE VARIABLES. MATHEdunesa, 11(1), 145. https://doi.org/10.26740/ mathedunesa.v11n1.p145-154 Malau, M., Sihite, I. F., Sumanti, I. H., Desrianty, R. M., & Hutahaean, Y. S. R. (2023). Perkembangan Artificial Intelligence dan Tantangan Generasi Muda di Era Super Digitalized. IKRA ITH ABDIMAS, 8(1), 251. https:// doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas. v8i1.3198 Moral-Sánchez, S. N., Ruiz Rey, F. J., & Cebrián-de-la-Serna, M. (2023). Análisis de chatbots de inteligencia artificial y satisfacción en el aprendizaje en educación matemática. Nasruddin, Chairuddin, Rinda, & Miftachurohmah, N. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Poleang. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 15. https://doi. org/10.32665/james.v5i1.377 Nordby, S. K., Bjerke, A. H., & Mifsud, L. (2022). Primary Mathematics Teachers’ Understanding of Computational Thinking. KI - Künstliche Intelligenz, 36(1), 35. https://doi.org/10.1007/ s13218-021-00750-6 Pappas, M. A., & Drigas, A. (2016). Incorporation of Artificial Intelligence Tutoring Techniques in Mathematics. International Journal of Engineering Pedagogy (iJEP), 6(4), 12. https://doi. org/10.3991/ijep.v6i4.6063 Rifky, S. (2024). Dampak Penggunaan Artificial Intelligence Bagi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Multidisciplinary on Social and Technology, 2(1), 37. https://doi. org/10.31004/ijmst.v2i1.287 Ronsumbre, S., Rukmawati, T., Sumarsono, A., & Waremra, R. S. (2023). Pembelajaran Digital Dengan Kecerdasan Buatan (AI): Korelasi AI Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1464. https://doi. org/10.31949/educatio.v9i3.5761 Stefanova, T., & Georgiev, S. (2024). Possibilities for using AI in mathematics education. Deleted Journal, 53, 117. https://doi.org/10.55630/ mem.2024.53.117-125 Sukaesih, herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Urgensi Pedagogik Futuristik Dalam Membangun Generasi Emas Indonesia Mengahadapi Global Megatrend 2045. Supriyadi, E., & Kuncoro, K. S. (2023). Exploring the future of mathematics teaching: Insight with ChatGPT. UNION Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 305. https://doi. org/10.30738/union.v11i2.14898 Syafawani, U. R., & Safari, Y. (2024). Teori Perkembangan Belajar Psikologis Kognitif Jean Piaget: Implementasi dalam Pembelajaran Matematika di Bangku Sekolah Dasar. Karimah Tauhid., 3(2), 1488. https://doi. org/10.30997/karimahtauhid. v3i2.11810 Tan, J. (2022). Information Analysis of Advanced Mathematics Education Adaptive Algorithm Based on BigData. Mathematical Problems in Engineering, 2022, 1. https://doi. org/10.1155/2022/7796681 Voskoglou, M. Gr., & Salem, A.-B. M. (2020). Review Benefits and Limitations of the Artificial with Respect to the Traditional Learning of Mathematics. Wardat, Y., Tashtoush, M. A., AlAli, R., & Jarrah, A. M. (2023). ChatGPT: A revolutionary tool for teaching and learning mathematics. Eurasia Journal of Mathematics Science and Technology Education, 19(7). https:// doi.org/10.29333/ejmste/1327

Downloads

Published

27-06-2025