PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS TEMA DALAM PEMBENTUKAN JATI DIRI

Authors

  • Ni Putu Parmini IKIP Saraswati

DOI:

https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v20i2.224

Keywords:

Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Saintifik, Tema, Jati Diri

Abstract

Tujuan kajian ini untuk mengetahui pembentukan jati diri melalui pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dengan pendekatan saintifik berbasis tema. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatan saintifik berbasis tema pada siswa kelas VII SMP di Ubud. Dengan materi yang dibahas bertemakan cinta tanah air, khasiat daun kelor dengan langkah – langkah, mengamati, menanya, menghubungkan, mengasosiasikan dengan materi Bahasa dan Sastra Indonesia yang menjadi materi pokok, dan mengkomunikasikan dalam bentuk wacana, prosa maupun puisi dari materi yang dibahas. Dengan cara itu berdampak positif terhadap pembentukan jati diri siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-08

How to Cite

[1]
Parmini, N.P. 2021. PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS TEMA DALAM PEMBENTUKAN JATI DIRI. Wacana : Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya. 20, 2 (Jan. 2021), 25–30. DOI:https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v20i2.224.