PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV
Keywords:
Model Pembelajaran Role Playing, Aktivitas Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika menggunakan model pembelajaran Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus serta empat tahap tiap siklus yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Delod Peken Tabanan berjumlah 25 siswa. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar. Pada siklus I tingkat aktivitas belajar siswa sebesar 58.9%, sedangkan pada siklus II peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 24.7% menjadi 83.6% yang tergolong aktif. Sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus II dibandingkan dengan siklus I mengalami peningkatan dari 77.75 menjadi 82.0 dan meningkat sebesar 4.25 (skala seratus) dengan persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 68% dan meningkat sebesar 16% pada siklus II menjadi 84%. Disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Delod Peken Tabanan Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru SD Negeri 1 Delod Peken Tabanan untuk mencoba menerapkan model pembelajaran Role Playing agar siswa dapat memenuhi kreteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Wacana Saraswati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.