UPAYA MEMINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v25i1.849Keywords:
Anecdotal Text, Problem Based Learning, Writing Skills.Abstract
Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot dipengaruhi oleh belum optimalnya proses pembelajaran yang digunakan, khususnya metode ceramah yang masih mendominasi. Selain itu, minimnya penggunaan media pendukung seperti gambar menyebabkan siswa kesulitan dalam mengembangkan ide dan menyusun struktur teks yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X P4 SMK Saraswati 3 Tabanan Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari 61,03 pada prasiklus, menjadi 71,38 pada siklus I. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 16,96%. Pada siklus II seluruh siswa telah tuntas (100%) dengan nilai rata-rata 83,10. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16,42%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot siswa secara signifikan. Dengan demikian, guru disarankan untuk menerapkan model ini sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis
Downloads
References
Hadi, Sukrisno. 1996. Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia
Maulida, I., Rahayu, S., & Pramudita, N. (2023). Efektivitas penggunaan gambar digital Ibis Paint dalam menulis teks anekdot. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(2), 55–63. https://doi.org/10.xxxx/jpbi.v11i2.12345
Sitorus, H., Nasution, A., & Turnip, D. (2023). Peningkatan kemampuan menganalisis teks anekdot melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 77–85.
Sukidin, D., Winarsih, H., & Sulaiman, M. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Surabaya: Media Grafika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Made Wina Kariasih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




