UPAYA MEMINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SMK

Authors

  • Ni Made Wina Kariasih IKIP Saraswati
  • Ni Luh Nanik Puspadi IKIP Saraswati
  • Elsita Lisnawati Guntar IKIP Saraswati
  • I Wayan Agus Wiratama IKIP Saraswati
  • I Wayan Sumahardika IKIP Saraswati

DOI:

https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v25i1.849

Keywords:

Anecdotal Text, Problem Based Learning, Writing Skills.

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks anekdot dipengaruhi oleh belum optimalnya proses pembelajaran yang digunakan, khususnya metode ceramah yang masih mendominasi. Selain itu, minimnya penggunaan media pendukung seperti gambar menyebabkan siswa kesulitan dalam mengembangkan ide dan menyusun struktur teks yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X P4 SMK Saraswati 3 Tabanan Tahun Pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari 61,03 pada prasiklus, menjadi 71,38 pada siklus I. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 16,96%. Pada siklus II seluruh siswa telah tuntas (100%) dengan nilai rata-rata 83,10. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 16,42%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis teks anekdot siswa secara signifikan. Dengan demikian, guru disarankan untuk menerapkan model ini sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, Sukrisno. 1996. Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia

Maulida, I., Rahayu, S., & Pramudita, N. (2023). Efektivitas penggunaan gambar digital Ibis Paint dalam menulis teks anekdot. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 11(2), 55–63. https://doi.org/10.xxxx/jpbi.v11i2.12345

Sitorus, H., Nasution, A., & Turnip, D. (2023). Peningkatan kemampuan menganalisis teks anekdot melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(1), 77–85.

Sukidin, D., Winarsih, H., & Sulaiman, M. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Surabaya: Media Grafika

Downloads

Published

2025-07-30

How to Cite

[1]
Wina Kariasih, N.M. et al. 2025. UPAYA MEMINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SMK. Wacana : Majalah Ilmiah Tentang Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya. 25, 1 (Jul. 2025). DOI:https://doi.org/10.46444/wacanasaraswati.v25i1.849.