UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK
Abstract
Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari siswa itu sendiri, sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar siswa. Salah satu faktor eksternal adalah proses pembelajaran di sekolah. Makin berkualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru maka makin dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Permasalahan pokok yang dipecahkan dalam penelitian adalah apakah metode diskusi kelompok berperan penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa PPKN pada siswa kelas VII C SMP Negeri 6 Tabanan. Sementara tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan metode diskusi kelompok dalam meningkatkan prestasi belajar PPKN pada siswa kelas VII C SMP Negeri 6 Tabanan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pencatatan dokumen dan test. Setelah data terkumpul kemudian diolah dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif untuk mendeskripsikan variabel yang diteliti dan teknik analisis inferensial untuk menguji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh simpulan bahwa: (1) rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN sebelum diberikan metode diskusi kelompok berada dalam kategori cukup. (2) setelah diberikan metode diskusi kelompok perolehan rata-rata prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN meningkat berada dalam kategori baik. Selanjutnya hasil analisis infrensial dapat disimpulkan bahwa: Metode diskusi kelompok memiliki peran yang signifikan untuk meningkatkan prestasi PPKN pada siswa kelas VII C SMP Negeri 6 Tabanan ditunjukan dengan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberikan metode diskusi kelompok. Melalui penelitian ini diajukan saran kepada para guru khususnya guru PPKN di SMP agar menggunakan metode diskusi kelompok dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN karena metode diskusi kelompok dapat menciptakan suasana belajar yang lebih bervariasi dan merangsang keterlibatan aspek fisik, emosi, dan mental siswa dalam proses belajar serta menumbuhkan sikap tanggung jawab dan keterampilan sosial bagi Siswa. Di samping itu kepada guru yang sudah menerapkan metode tersebut minimal tetap dipertahankan dan lebih di tingkatkan. Selanjutnya disarankan kepada peneliti yang berminat dalam masalah ini agar melakukan penelitian lebih lanjut dengan mengambil populasi dan variabel yang lebih luas.