The Teaching of English Vocabulary By Using Flashcards to Young Learners 1st Grade in Bali Primary School Tabanan
Pengajaran Kosa kata Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Flashcards untuk siswa kelas 1 SD Bali Tabanan
Keywords:
Keywords: teaching of English vocabulary, flashcards, young learners, Kata kunci: pembelajaran kosakata bahasa Inggris, flashcard, pembelajar mudaAbstract
Flashcards have proven to be an effective tool in teaching vocabulary to young learners, capturing their attention and making the learning process engaging. The research design used in this study is Classroom Action Research (CAR), conducted by the teacher to improve the teaching and learning process. The study took place at Bali Primary School Tabanan, with 1st-grade students as the population. Two cycles, Pre and Post, were planned, including Planning, Acting, Observing, and Reflecting phases. Pre-test to post-test cycle 1 showed a 28% increase in student scores, while post-test II resulted in an average score of 73.6, with 23 students passing. The first cycle showed improved student motivation and engagement with interesting learning activities and media. Some issues were low word-spelling mastery and pronunciation errors. In the second cycle, flashcards improved engagement and word-spelling and pronunciation skills. Interviews with students confirmed their positive response to the flashcard approach, supporting improved motivation. The research hypothesis was accepted, concluding that flashcards effectively improved students' vocabulary mastery. Flashcards helped students connect with words visually and physically. English teachers should identify student behavior and choose suitable techniques, and further research on flashcard usage for elementary students is suggested.
ABSTRAK
Flashcard dibuktikan sebagai alat yang efektif untuk mengajar kosakata bahasa Inggris untuk anak – anak, yang dapat membuat proses belajar menjadi lebih menarik. Desain penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR), yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di Bali Primary School Tabanan dengan siswa kelas 1 sebagai populasinya. Dua gelombang, yaitu Pre dan Post Test dilakukan dengan mengandung fase Merencanakan, Aksi, Mengobservasi, dan Refleksi pada setiap gelombangnya. Pre-Test dan Post-Test gelombang 1 menunjukan 28 peningkatan pada skor siswa, sedangkan pada Post Test II menghasilkan skor rata – rata sejumlah 73.6 dengan 23 siswa lolos dari skor minimum. Gelombang pertama menunjukkan peningkatan motivasi dan ketertarikan siswa dengan kegiatan pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik dengan flashcard. Beberapa kendala seperti kemampuan mengeja yang lemah ditemukan. Pada gelombang kedua, flashcard meningkatkan kemampuan mengeja pada siswa dan ketertarikan dalam belajar. Wawancara kepada siswa juga telah dilakukan dengan respon yang positif terhadap penggunaan flashcard tersebut yang meningkatkan motivasi siswa. Hipotesis pada penelitian ini telah berhasil, dengan ditunjukannya flashcards secara efektif meningkatkan kemampuan pada kosakata siswa. Flashcard membantu siswa untuk menghubungkan kata – kata secara visual dan secara nyata. Guru bahasa Inggris diharapkan untuk mengidentifikasi pola tingkah laku siswa dan memilih teknik pengajaran yang cocok, serta penelitian mengenai penggunaan flashcard untuk ranah sekolah dasar juga perlu di perdalam.
Downloads
References
Saragih, Arinda Gloria, Apiek Gandamana, Wildansyah Lubis, Husna Parluhutan Tambunan, and Waliyul Maulana Siregar. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN 064973 Medan”. edu civic Journal 13, no. 2 (July 15, 2025): 137–145. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/educivic/article/view/64.
Damanik, Debora Cristine, and Bangun Bangun. “Cinta Yang Tak Tergoyahkan: Refleksi Kesetiaan Allah Dalam Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Kristen”. INSTITUTIO: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 11, no. 2 (July 18, 2025): 140–151. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/IT/article/view/78.
Sibarani, Rohit Yoben, and Bangun Bangun. “Penerimaan Pesan Khotbah Oleh Jemaat Dalam Perspektif Pendidikan Agama Kristen: Tinjauan Atas Kejelasan Artikulasi Dan Relevansi Bahasa Pengkhotbah”. INSTITUTIO: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 11, no. 2 (July 9, 2025): 101–108. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/IT/article/view/58.
Singarimbun, Boyke Fernandes, and Bangun Bangun. “Menemukan Arah Hidup Dalam Kristus: Eksplorasi Teologis Yohanes 14:6 Untuk Penguatan Iman Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Kristen”. INSTITUTIO: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 11, no. 2 (July 28, 2025): 302–312. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/IT/article/view/101.
Siregar, Nurliani, Rohit Yoben Sibarani, Renisa Simamora, and Riris Marito Sitorus. “STRATEGI PELAYANAN PAK TERHADAP MENINGKATNYA PERTUMBUHAN KEROHANIAN JEMAAT GBI LORONG KARTO”. INSTITUTIO: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 11, no. 2 (July 21, 2025): 241–267. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/IT/article/view/87.
Manabasa, Talakua. “Pengaruh Strategi Kooperatif Jigsaw Dan Pemanfaatan Media Teknologi Terhadap Penguatan Prestasi Dan Literasi Digital Siswa Dalam PAK”. INSTITUTIO: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 11, no. 2 (June 9, 2025): 87–100. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/IT/article/view/60.
Gultom, Wilanda, and Bangun Bangun. “Pengaruh Kepercayaan Diri Pengkhotbah Terhadap Efektivitas Khotbah Sebagai Sarana Pendidikan Agama Kristen Yang Inspiratif”. INSTITUTIO: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 11, no. 2 (July 13, 2025): 109–117. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/IT/article/view/65.
Simbolon, Remli, and Bangun Bangun. “Kredibilitas Pembicara Dan Respons Jemaat: Implikasi Retorika Kristen Bagi Pendidikan Agama Kristen Yang Transformatif”. INSTITUTIO: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 11, no. 2 (July 16, 2025): 131–139. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/IT/article/view/73.
Singarimbun, Boyke Fernandes, and Bangun Bangun. “Kekuatan Pujian Dalam Krisis: Telaah Teologis 2 Tawarikh 20 Dan Relevansinya Bagi Pembentukan Iman Dalam Pendidikan Agama Kristen”. INSTITUTIO: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN 11, no. 2 (July 28, 2025): 290–301. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/IT/article/view/100.
Zahra, Mutiara, and Dina Handayani. “Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X Sma Swasta Pertiwi Medan”. Magistra : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan 12, no. 2 (July 26, 2025): 190–195. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/magistra/article/view/69.
Purba, F., & Bangun, B. (2025). PENYESUAIAN GAYA KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERDASARKAN DEMOGRAFI PESERTA DIDIK: STRATEGI KONTEKSTUAL UNTUK PEMBENTUKAN MANUSIA BERMARTABAT. KAPATA : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 6(1), 37-53. https://doi.org/10.55798/pnwvmq45
Nainggolan, Gloria, and Bangun Bangun. “Pemulihan Iman Sebagai Proses Pembelajaran Spiritual: Tafsir Naratif Lukas 8:43–48 Dalam Konteks Pendidikan Agama Kristen”. KAPATA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (July 6, 2025): 105–121. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/kjtpk/article/view/54.
Lidia yulianti, Penina Itlay, and Mikhael Zelod Natanel. “Analisis Relasi Teks Keluaran 20:1–11 Dengan Imamat 19:1–8”. KAPATA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (June 27, 2025): 01–13. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/kjtpk/article/view/28.
Siregar, Sartika Maria, and Bangun Bangun. “MODEL RETORIKA R. A. M. A. H.: PENDEKATAN BAHASA ANAK DALAM PENGAJARAN IMAN KRISTEN DI SEKOLAH MINGGU GKPS MENTENG INDAH”. KAPATA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (July 3, 2025): 54–71. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/kjtpk/article/view/39.
Simbolon, Tomi Jonathan, and Bangun Bangun. “Peran Retorika Dalam Homiletik Sebagai Strategi Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Kristen Untuk Meningkatkan Daya Tarik Dan Pemahaman Pesan Injil”. KAPATA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (July 8, 2025): 150–163. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/kjtpk/article/view/56.
Simajuntak, Sara Pebrinani, and Bangun Bangun. “Studi Teologis Yohanes 10:28–29 Tentang Jaminan Keselamatan Dalam Kristus: Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen Dan Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia”. KAPATA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (July 3, 2025): 72–86. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/kjtpk/article/view/40.
Andeas Laoli, and Yeremia Hia. “Kasih Yang Berpegang Teguh Dalam Perspektif Yohanes 13:34 Dan Implikasi Etika Kristen Bagi Kehidupan Orang Kristen”. KAPATA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (June 27, 2025): 14–23. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/kjtpk/article/view/27.
Simbolon, Yuliana Menita, and Bangun Bangun. “Strategi Inklusif Dalam Penyampaian Khotbah: Narasi Sebagai Sarana Pendidikan Agama Kristen Bagi Jemaat Berkebutuhan Khusus”. KAPATA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (July 8, 2025): 135–149. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/kjtpk/article/view/57.
Purba, Futriana, and Bangun Bangun. “PENYESUAIAN GAYA KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERDASARKAN DEMOGRAFI PESERTA DIDIK: STRATEGI KONTEKSTUAL UNTUK PEMBENTUKAN MANUSIA BERMARTABAT”. KAPATA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (July 3, 2025): 37–53. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/kjtpk/article/view/41.
Pasaribu, Puspita Sari Octori, and Bangun Bangun. “Kekuatan Emosi Dalam Penyampaian Firman: Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen Yang Menyentuh Hati Dan Menggerakkan Iman”. KAPATA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (July 10, 2025): 164–174. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/kjtpk/article/view/59.
Manurung, Friska, and Bangun Bangun. “Transformasi Spiritualitas Generasi Z Melalui Gaya Retorika Homiletik: Implikasi Bagi Pendidikan Agama Kristen Dan Pembangunan Manusia Kristiani”. KAPATA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (July 4, 2025): 87–104. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/kjtpk/article/view/49.
Sianturi, Tria Hanjani, and Bangun Bangun. “Yesaya Sebagai Pembawa Kabar Damai: Refleksi Teologis Untuk Pembentukan Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen”. KAPATA : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 6, no. 1 (July 7, 2025): 122–134. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/kjtpk/article/view/55.
Sitepu, M. M. B., Sibarani, T. R., Rila, E. S., Aulia, T., Tampubolon, Y. L., & Sinaga, R. (2025). Strategi Pendudukan Jepang Di Indonesia (1942–1945) Dan Bentuk Perlawanan Rakyat. Walasuji : Jurnal Sejarah Dan Budaya, 15(1), 16-28. https://doi.org/10.36869/
Gabriel Pakpahan, Lubis, R. A., Khaliza, N., Lumbangaol, T. A., Rumahorbo, R., & Sinaga, R. (2025). Sumpah Pemuda: Tonggak Persatuan Bangsa Indonesia. Walasuji : Jurnal Sejarah Dan Budaya, 15(1), 38-45. https://doi.org/10.36869/
Aruan, F. F., Lubis, S., Natasha, K. N., Sinurat, G. J. F., Ndruru, S., & Sinaga, R. (2025). Perempuan Indonesia Dan Organisasi Fujinkai: Agensi Dan Resistensi Di Bawah Pendudukan Jepang (1942–1945). Walasuji : Jurnal Sejarah Dan Budaya, 15(1), 29-37. https://doi.org/10.36869/
Purba, A. A. B., Rizki, M., Zakiah, F., & Halimah, S. (2025). MODEL HOLISTIK PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI: INTEGRASI AKADEMIK, HUMANISTIK, TEKNOLOGIS, DAN REKONSTRUKSI SOSIAL. JIEBAR : Journal of Islamic Education Basic and Applied Research, 6(1), 20-34. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/jiebar/article/view/16
Ihsan, M., Anggara, D. Y., & Sahputra, H. (2025). KAJIAN KRITIS AL-DAKHIL DARI JALUR SAINTIFIK. JIEBAR : Journal of Islamic Education Basic and Applied Research, 6(1), 01-16. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/jiebar/article/view/17
Hazanah, Dyah, Apiek Gandamana, Zainuddin M, Winara Winara, and Waliyul Maulana Siregar. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS II SDN INPRES SAMPECITA”. JIPD ( Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar ) 9, no. 2 (July 4, 2025): 28–45. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/jipd/article/view/50.
Silitonga, Vica Anastasya Octaviana, Edizal Hatmi, Eva Betty Simanjuntak, Faisal Faisal, and Waliyul Maulana Siregar. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 SD NEGERI 6 ONANRUNGGU”. JIPD ( Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar ) 9, no. 2 (July 4, 2025): 24–27. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/jipd/article/view/47.
Sihite, Irma Ropianti, Fahrur Rozi, Elvi Mailani, Edizal Hatmi, and Suyit Ratno. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 101777 SAENTIS”. JIPD ( Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar ) 9, no. 2 (May 20, 2025): 13–24. Accessed August 2, 2025. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/jipd/article/view/103.
Bakkara, E. Y., & Harahap, A. B. (2025). Die Erstellung Des Lernmediums Mit Dem Thema Koch Für Das Fach Deutsch Im Hotel Mit Applikation Articulate Storyline 3. Kelasa : Kelebat Masalah Bahasa Dan Sastra, 20(1), 13-29. https://doi.org/10.26499/a80ytd88
Bara, J. K. D., & Harahap, A. B. (2025). Die Erstellung Einer Touristischen website von Air Terjun Lau Lutih und Danau Linting. Kelasa : Kelebat Masalah Bahasa Dan Sastra, 20(1), 30-50. https://doi.org/10.26499/qdayk842
charisma, I. fitri, simangungsong, W. helena, ningrum, D. maulidya, Sahada, N. A., Pratama, D., & Sinaga, R. (2025). Perjalanan Menuju Kemerdekaan Sejarah Indonesia Dari Masa Pra Kemerdekaan Hingga Proklamasi 17 Agustus 1945. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 14(1), 12-25. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/criksetra/article/view/criksetra1672
Tarigan, G. P., Manurung, N. K., Wisabla, N., Rauna, U. S., & Sinaga, R. (2025). Budi Utomo Dan Kontribusi Kaum Pribumi Dalam Pembentukan Identitas Nasional. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 14(1), 26-36. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/criksetra/article/view/criksetra1213
Koto, I., Zalukhu, R. A., Alhadi, I., Ritonga, I. H., Manurung, M., Gea, R. J., Saragih, K. J., Syahputra, K., Zalukhu, R., Waruwu, L. . T. M., & Santoso, M. R. (2025). Perancangan dan Implementasi Pintu Otomatis Menggunakan Sistem Pneumatik. Teknik: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 5(2), 9-15. https://doi.org/10.55606/nvegwf19
Salman, F., & Suprapto, S. (2025). Analisis Literatur Pemanfaatan IoT dalam Sistem Monitoring Kualitas Udara Dalam Ruangan. Teknik: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 5(2), 1-8. https://scholaralex-archive.xyz/index.php/teknik/article/view/teknik1212
Ramadani, M. L., Nasution, A. H., Wardana, W., Putri, W. T. E., Ridho, I., Liza, N., Puspita, D. D., & Mufidah, T. (2025). Hukum Perlindungan Konsumen Mengatasi Tantangan Dalam Perdagangan Kitab. Era Hukum: Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 23(1), 08-17. https://doi.org/10.24912/fjntks28
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Mahasisya Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.