HAMBATAN DAN SOLUSI PEMBELAJARAN IPA DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 DI SMP SEKOTA TABANAN

Authors

  • kornelius meltus lowang IKIP Saraswati Tabanan

Keywords:

Kata Kunci : Hambatan, Solusi, Pembelajaran IPA Daring, Covid-19, SMP Tabanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hambatan dan solusi pembelajaran IPA daring di era pandemi covid-19 di Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Tabanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam pembelajaran IPA daring di era pandemi covid-19 serta untuk menemukan solusinya. Sample penelitian adalah siswa SMP Negeri 6 Tabanan, SMP Negeri 2 Tabanan, dan SMP Negeri 3 Tabanan. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner online melalui google form. Data di analisi secara deskriptif melalui penyajian grafik persentase hambatan belajar IPA daring. Berdasarkan hasil analisis ditemukan secara umum terdapat 8 hambatan utama dalam proses pembelajaran IPA daring pada masa pandemi covid-19 di SMP Sekota Tabanan. Dengan terpetakanya 8 hambatan tersebut maka akan mudah dalam rangka menemukan solusinya sesuai dengan jenis hambatan yang dialami siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

lowang, kornelius meltus. (2021). HAMBATAN DAN SOLUSI PEMBELAJARAN IPA DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 DI SMP SEKOTA TABANAN. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 3(1), 48. Retrieved from https://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/281

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.