ANALISIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII D SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 TABANAN TAHUN PELAJARAN 20202021

Authors

  • Putri Intan Sumadewi IKIP Saraswati
  • I Made Maduriana
  • I Made Sudiana

Keywords:

Pembelajaran jarak jauh, efektivitas, prestasi belajar

Abstract

Pandemi covid-19 telah menimbulkan dampak di berbagai sektor kehidupan termasuk dunia pendidikan. Dampaknya kegiatan pembelajaran berlangsung secara jarak jauh sehingga ada hambatan yang kemungkinan akan berpengaruh terhadap efektivitas dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII D SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2020/2021 selama pembelajaran jarak jauh berlangsung. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, kuesioner, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran jarak jauh efektif (71,36%) dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII D baik (77,6). Dari 39 siswa, 35 orang memenuhi nilai KKM sedangkan 4 orang belum memenuhi nilai KKM. Kesimpulannya, pembelajaran jarak jauh tetap bisa berlangsung secara efektif dan prestasi belajar siswa juga sangat baik. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Sumadewi, P. I., Maduriana, I. M., & Sudiana, I. M. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII D SEMESTER 1 SMP NEGERI 2 TABANAN TAHUN PELAJARAN 20202021. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 3(1), 35. Retrieved from https://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/298

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.