The Use of YouTube Media “Joesin Translation Channel” to Improve Listening Skils towards the Tenth Grade Students of SMK Saraswati 3 Tabanan
Keywords:
Media YouTube, Keterampilan MendengarkanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mendengar siswa dengan media YouTube. Subyek penelitian adalah siswa kelas XP4 SMK Saraswati 3 Tabanan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada cycle I siswa diberikan listening test melalui YouTube Channel Joesin Translation. Beberapa siswa mengalami banyak masalah pada test mendengar. Pada siklus II siswa juga diberikan test mendengar secara lisan dan tulis. Setelah sebelumnya diminta untuk menonton video dari channel YouTube Joesin Translation dengan subtitle kemudian melakukan test tanpa menonton videonya. Peningkatan yang terjadi adalah: (1) Nilai rata-rata pre-test siswa sebesar 68.2 meningkat menjadi 73.3 pada siklus I dan 78 pada siklus II; (2) nilai rata-rata siklus I 73.3 dengan persentase ketuntasan 50 %; (3) nilai rata-rata pada siklus II adalah 78 dengan persentase ketuntasan 73.3%; (4) dari data yang telah dianalisis persentase ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 23.3%. Kesimpulannya adalah Keterampilan Mendengarkan siswa meningkat menggunakan channel YouTube Joesin Translation.