MENIGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X IPA 3 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KEDIRI

Penulis

  • roma rafsanjani albasyah IKIP saraswati
  • i wayan nardi
  • ni luh nanik puspadi

Kata Kunci:

Kata Kunci : Memahami, Teks anekdot, Metode Discovery Learning

Abstrak

 

Memahami teks anekdot membantu memudahkan siswa dalam menentukan topik, isi, struktur, kaidah dan  kebahasaan teks anekdot. Banyak siswa mengatakan memahami teks anekdot sangatlah sulit. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat penelitian awal hanya sebesar 62,28 atau di bawah kriteria ketuntasan minimal. Rendahnya nilai yang diperoleh siswa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya ketidaktepatan guru menggunakan metode pembelajaran, guru lebih banyak berteori dan kurang memberikan kesempatan yang cukup kepada siswa untuk melatih kemampuannya dalam memahami teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memahami teks anekdot dengan menerapkan metode discovery learning siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang jumlah siswanya sebanyak 35 orang. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa metode pembelajaran discovery learning  dapat meningkatkan kemampuan memahami teks anekdot siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan metode konstruktivistik atau pada prasiklus 62,28 Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 71,14 dengan mengalami peningkatan sebesar 14,22%. Pada siklus II, kemampuan memahami teks anekdot juga mengalami peningkatan menjadi 78,85 dengan mengalami peningkatan sebesar 10,87%. Dengan demikian, melalui metode discovery learning siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-12-16

Cara Mengutip

albasyah, roma rafsanjani, nardi, i wayan, & puspadi, ni luh nanik. (2020). MENIGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X IPA 3 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KEDIRI. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 2(1), 358–363. Diambil dari https://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/134

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.