IMPLEMENTASI MODEL BATU PIJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP NEGERI 2 UBUD
Keywords:
model pembelajaran batu pijar, aktivitas belajar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ubud kelas VIII B semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar Matematika Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 2 Ubud Tahun Pelajaran 2014/2015. Data dikumpulkan dengan cara observasi dan tes prestasi belajar. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh adalah model pembelajaran Batu Pijar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari rata-rata hasil yang diperoleh pada Siklus Awal sebesar 67,3 dengan ketuntasan sebesar 40% dari KKM yang ditetapkan sebesar 70. Kemudian rata-rata meningkat pada siklus I menjadi sebesar 79,2 dengan ketuntasan belajar sebesar 92%. Peningkatan rata-rata yang sangat signifikan pada Siklus II menjadi sebesar 85,0 dengan ketuntasan sebesar 100%. Berdasarkan hasil dimaksud, penulis menyimpulkan, bahwa tindakan melalui model pembelajaran Batu Pijar dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa dalam pelajaran matematika.