MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI ENGENAL PERASAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 KUTAMPI
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.748Keywords:
PBL, hasil belajar, videoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui hasil belajar siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 3 Kutampi dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi pola mengenal perasaan melalui penerapan model Problem-Based Learning berbantuan media video. Penelitian ini adalah penelitian sederhana tanpa siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 SD Negeri 3 Kutampi yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data menggunakan metode tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (a) penerapan model PBL berbantuan media video dalam pembelajaran bahasa indonesia materi mengenal perasaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (b) penerapan model PBL berbantuan media video dalam pembelajaran bahasa indonesia materi mengenal perasaan memperoleh hasil belajar siswa yang dalam kategori sangat baik yaitu rata 77,63 dan sudah di atas KKTP yang ditentukan yaitu 74. Dari hasil itu, hasil belajar dikatakan tuntas yaitu (100%) dan dapat dilanjutkan ke tujuan pembelajaran berikutnya.
Downloads
References
Arifin, Zaenal. (2018). Pengembangan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia
Widiasarana Indonesia.
Supriyadi, A. (2019). Pengaruh Metode
Pembelajaran terhadap Kemampuan
Menulis Siswa: Kajian dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:
PT Gramedia.
Nurhayati, L. (2021). Kesulitan Menulis pada
Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Siswa
Kelas IV. Jakarta: PT Gramedia.
Pusat Penelitian Kebijakan, Kemendikbud.
(2019). Kajian Kualitas Pendidikan
di Indonesia Tahun 2019. Jakarta:
Kemendikbud.
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran,
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. (2021). Laporan Hasil
Survei Pemahaman Tanda Baca Siswa
Sekolah Dasar di Wilayah Perkotaan.
Jakarta: Kemendikbud.
Pusat Kurikulum dan Pembelajaran,
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan. (2021). Laporan Survei
Metode Pembelajaran dan Pemahaman
Tanda Baca di Sekolah Dasar. Jakarta:
Kemendikb