MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI ENGENAL PERASAAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 KUTAMPI

Authors

  • I Gede Adi Suwarma Putra Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.748

Keywords:

PBL, hasil belajar, video

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui hasil belajar siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 3 Kutampi dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi pola mengenal perasaan melalui penerapan model Problem-Based Learning berbantuan media video. Penelitian ini adalah penelitian sederhana tanpa siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 SD Negeri 3 Kutampi yang berjumlah 15 orang. Pengumpulan data menggunakan metode tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (a) penerapan model PBL berbantuan media video dalam pembelajaran bahasa indonesia materi mengenal perasaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (b) penerapan model PBL berbantuan media video dalam pembelajaran bahasa indonesia materi mengenal perasaan memperoleh hasil belajar siswa yang dalam kategori sangat baik yaitu rata 77,63 dan sudah di atas KKTP yang ditentukan yaitu 74. Dari hasil itu, hasil belajar dikatakan tuntas yaitu (100%) dan dapat dilanjutkan ke tujuan pembelajaran berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal. (2018). Pengembangan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran

Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia

Widiasarana Indonesia.

Supriyadi, A. (2019). Pengaruh Metode

Pembelajaran terhadap Kemampuan

Menulis Siswa: Kajian dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta:

PT Gramedia.

Nurhayati, L. (2021). Kesulitan Menulis pada

Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus Siswa

Kelas IV. Jakarta: PT Gramedia.

Pusat Penelitian Kebijakan, Kemendikbud.

(2019). Kajian Kualitas Pendidikan

di Indonesia Tahun 2019. Jakarta:

Kemendikbud.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran,

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan. (2021). Laporan Hasil

Survei Pemahaman Tanda Baca Siswa

Sekolah Dasar di Wilayah Perkotaan.

Jakarta: Kemendikbud.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran,

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan. (2021). Laporan Survei

Metode Pembelajaran dan Pemahaman

Tanda Baca di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kemendikb

Downloads

Published

09-01-2025