PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 6 SDN 2 BUWIT

Authors

  • Ni Kadek Ari Sugiani Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.764

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), motivasi belajar, hasil belajar, siswa kelas VI, pembelajaran inovatif, teknologi pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI
SDN 2 Buwit. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam
dua siklus dengan melibatkan 25 siswa sebagai subjek penelitian. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada
hasil belajar siswa. Pada tahap pra-siklus, hanya 44% siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran (KKTP). Setelah penerapan model PBL pada siklus I, angka ini meningkat menjadi 76%,
namun belum memenuhi target ketuntasan klasikal sebesar 80%. Pada siklus II, penggunaan media video
berhasil meningkatkan fokus dan motivasi siswa, sehingga 96% siswa mencapai KKTP, melampaui target yang telah ditetapkan. Model PBL berbantuan media video terbukti efektif dalam hasil belajar bahasa
indonesia siswa kelas VI SDN 2 Buwit. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi guru untuk
mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidika

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Amalia Yunia Rahmawati. 2020. “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar

Kognitif Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.”

08(July): 1–23.

Amirudin, Noor. 2019. “PROBLEMATIKA

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA.” : 181–92.

Arifudin, O. 2023. “Analisis Teori Taksonomi

Bloom Pada Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Al-Amar (JAA) 4(1): 13–22.

Friska, Sonia Yulia, Maulidya Tri Amanda, Ana

Novitasari, and Gingga Prananda. 2021.

“Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil

Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA

Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai.”

PENDIPA Journal of Science Education

6(1): 250–55.

Iryanto, Nindy Dewi. 2021. “Jurnal Basicedu.”

Jurnal Basicedu 5(5): 3829–40.

Lina Rohmatun Nisa, Nur Efendi. “View of Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil

Belajar Kognitif Siswa Kelas V Di Sekolah

Dasar.Pdf.”

Mulyani, Fitri, Nur Haliza. 2021. “Analisis

Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan

Teknologi (Iptek) dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 3(1):

101–9.

Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, and

Meidawati Suswandari. 2020. “Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv.” Jurnal Inovasi

Penelitian 1(3): 265–76.

Ohy, Grafita, Evelin J.R. Kawung, and Jhon D.

Zakarias. 2020. “Perubahan Gaya Hidup

Sosial Masyarakat Pedesaan Akibat Globalisasi Di Desa Rasi Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara.” Jurnal Holistik 13(3): 1–16. https://ejournal.unsrat.ac.id/

index.php/holistik/article/view/29574.

Pebriani, Corry. 2017. “Pengaruh Penggunaan

Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil

Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas

V.” Jurnal Prima Edukasia 5(1): 11–21.

Trianto, 2014. Mendesain Model pembelajaran

Inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta:

Premamedia Group

Tohir, Rohayana, Iffah. 2018. Pengaruh Model

pembelajaran Kontekstual berbasis masalah

terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa

kelas VIII SMP Negeri 2 Tetara Kabupaten

Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017.

Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Program Pasca Sarjana.

Universitas Pendidikan Ganesha.

Warne, R. T. (2014). A Primer on Multivariate

Analysis of Variance (MANOVA) for Behavioral Scientists. 19(17), 10.

Erita, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bewarna Pada Siswa Kelas I

SD Negeri 08 Pulau Punjung. International

Journal of Technology Vocational Education and Training, 3(1), 62–73.

Septiningtiyas, N. (2020). Penelitian Tindakan

Kelas.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024).

Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK):

Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa

di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal

Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4),

19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Downloads

Published

09-01-2025