PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 6 SDN 2 BUWIT
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.764Keywords:
Problem Based Learning (PBL), motivasi belajar, hasil belajar, siswa kelas VI, pembelajaran inovatif, teknologi pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI
SDN 2 Buwit. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam
dua siklus dengan melibatkan 25 siswa sebagai subjek penelitian. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada
hasil belajar siswa. Pada tahap pra-siklus, hanya 44% siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan
Pembelajaran (KKTP). Setelah penerapan model PBL pada siklus I, angka ini meningkat menjadi 76%,
namun belum memenuhi target ketuntasan klasikal sebesar 80%. Pada siklus II, penggunaan media video
berhasil meningkatkan fokus dan motivasi siswa, sehingga 96% siswa mencapai KKTP, melampaui target yang telah ditetapkan. Model PBL berbantuan media video terbukti efektif dalam hasil belajar bahasa
indonesia siswa kelas VI SDN 2 Buwit. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi guru untuk
mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidika
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Amalia Yunia Rahmawati. 2020. “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar
Kognitif Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.”
08(July): 1–23.
Amirudin, Noor. 2019. “PROBLEMATIKA
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA.” : 181–92.
Arifudin, O. 2023. “Analisis Teori Taksonomi
Bloom Pada Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Al-Amar (JAA) 4(1): 13–22.
Friska, Sonia Yulia, Maulidya Tri Amanda, Ana
Novitasari, and Gingga Prananda. 2021.
“Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil
Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA
Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai.”
PENDIPA Journal of Science Education
6(1): 250–55.
Iryanto, Nindy Dewi. 2021. “Jurnal Basicedu.”
Jurnal Basicedu 5(5): 3829–40.
Lina Rohmatun Nisa, Nur Efendi. “View of Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil
Belajar Kognitif Siswa Kelas V Di Sekolah
Dasar.Pdf.”
Mulyani, Fitri, Nur Haliza. 2021. “Analisis
Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan
Teknologi (Iptek) dalam Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 3(1):
101–9.
Nugraha, Sobron Adi, Titik Sudiatmi, and
Meidawati Suswandari. 2020. “Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv.” Jurnal Inovasi
Penelitian 1(3): 265–76.
Ohy, Grafita, Evelin J.R. Kawung, and Jhon D.
Zakarias. 2020. “Perubahan Gaya Hidup
Sosial Masyarakat Pedesaan Akibat Globalisasi Di Desa Rasi Kecamatan Ratahan Kabupaten Minahasa Tenggara.” Jurnal Holistik 13(3): 1–16. https://ejournal.unsrat.ac.id/
index.php/holistik/article/view/29574.
Pebriani, Corry. 2017. “Pengaruh Penggunaan
Media Video Terhadap Motivasi Dan Hasil
Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas
V.” Jurnal Prima Edukasia 5(1): 11–21.
Trianto, 2014. Mendesain Model pembelajaran
Inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta:
Premamedia Group
Tohir, Rohayana, Iffah. 2018. Pengaruh Model
pembelajaran Kontekstual berbasis masalah
terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Tetara Kabupaten
Lombok Timur tahun pelajaran 2016/2017.
Tesis. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Program Pasca Sarjana.
Universitas Pendidikan Ganesha.
Warne, R. T. (2014). A Primer on Multivariate
Analysis of Variance (MANOVA) for Behavioral Scientists. 19(17), 10.
Erita, Y. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Bewarna Pada Siswa Kelas I
SD Negeri 08 Pulau Punjung. International
Journal of Technology Vocational Education and Training, 3(1), 62–73.
Septiningtiyas, N. (2020). Penelitian Tindakan
Kelas.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024).
Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK):
Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa
di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal
Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4),