PENERAPAN MODEL PEMBELAJA RAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA KELAS II SD N 2 SELEMADEG
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.771Keywords:
Model pembelajaran saintifik, media kartu kata, hasil belajar, menyusun kalimat sederhana, penelitian tindakan kelas (PTK).Abstract
menyusun kalimat sederhana melalui penerapan model pembelajaran saintifik berbantuan media kartu
kata. Rendahnya hasil belajar siswa sebelumnya diduga akibat penggunaan metode ceramah yang kurang
menarik dan kontekstual, sehingga memotivasi penerapan strategi pembelajaran yang lebih inovatif.
Metode penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam studi ini, melibatkan 23 siswa sebagai subjek
penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata
dalam model pembelajaran saintifik efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan belajar
secara klasikal meningkat dari 56% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II, mencerminkan peningkatan
sebesar 35%. Media kartu kata terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi
kelompok dan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini memberikan manfaat
signifikan bagi pendidik, termasuk perbaikan metode pengajaran, pengembangan profesionalisme, dan
pemahaman terhadap strategi pembelajaran berbasis saintifik
Downloads
References
Anni, R. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar
dan Minat Belajar terhadap Hasil
Belajar Matematika Kelas IV SD Gugus
AA. Maramis Kendal. http://lib.unnes.
ac.id/28595/
Krissandi, A., Widharyanto, & Dewi, R. P. D.
(2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia
untuk SD:Pendekatan dan Teknis. In Media
Maxima.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan
Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?
Indonesian Journal of Action Research,
1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/
ijar.2022.12-21
Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran
Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu
Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan,
3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/
educendikia.v3i03.3429
Saeful Rahmat, P., & Heryani, T. (2014). Pengaruh
Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan
Membaca Dan Penguasaan Kosakata. Jurnal
Pendidikan Usia Dini, 8(1), 101–110.
Septiningtiyas, N. (2020). Penelitian Tindakan
Kelas.
Ummah, M. S. (2019). No ???????
?????????????? ?
???????????????
?Title. Sustainability (Switzerland),
11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/
bitstream/handle/123456789/1091/
RED2017-Eng-8ene.
pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://
dx.doi.org/10.1016/j.
regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://
www.researchgate.net/
publication/305320484_SISTEM_
PEMBETUNGAN_TERPUSAT_
STRATEGI_MELESTARI
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024).
Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK):
Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa
di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal
Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4),















