PENERAPAN MODEL PEMBELAJA RAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DALAM KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT SEDERHANA KELAS II SD N 2 SELEMADEG

Authors

  • Ni Luh Putu Karina Dewi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.771

Keywords:

Model pembelajaran saintifik, media kartu kata, hasil belajar, menyusun kalimat sederhana, penelitian tindakan kelas (PTK).

Abstract

menyusun kalimat sederhana melalui penerapan model pembelajaran saintifik berbantuan media kartu
kata. Rendahnya hasil belajar siswa sebelumnya diduga akibat penggunaan metode ceramah yang kurang
menarik dan kontekstual, sehingga memotivasi penerapan strategi pembelajaran yang lebih inovatif.
Metode penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam studi ini, melibatkan 23 siswa sebagai subjek
penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata
dalam model pembelajaran saintifik efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan belajar
secara klasikal meningkat dari 56% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II, mencerminkan peningkatan
sebesar 35%. Media kartu kata terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi
kelompok dan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini memberikan manfaat
signifikan bagi pendidik, termasuk perbaikan metode pengajaran, pengembangan profesionalisme, dan
pemahaman terhadap strategi pembelajaran berbasis saintifik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anni, R. (2016). Pengaruh Disiplin Belajar

dan Minat Belajar terhadap Hasil

Belajar Matematika Kelas IV SD Gugus

AA. Maramis Kendal. http://lib.unnes.

ac.id/28595/

Krissandi, A., Widharyanto, & Dewi, R. P. D.

(2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia

untuk SD:Pendekatan dan Teknis. In Media

Maxima.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan

Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru?

Indonesian Journal of Action Research,

1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/

ijar.2022.12-21

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran

Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu

Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan,

3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/

educendikia.v3i03.3429

Saeful Rahmat, P., & Heryani, T. (2014). Pengaruh

Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan

Membaca Dan Penguasaan Kosakata. Jurnal

Pendidikan Usia Dini, 8(1), 101–110.

Septiningtiyas, N. (2020). Penelitian Tindakan

Kelas.

Ummah, M. S. (2019). No ???????

?????????????? ?

???????????????

?Title. Sustainability (Switzerland),

11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/

bitstream/handle/123456789/1091/

RED2017-Eng-8ene.

pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://

dx.doi.org/10.1016/j.

regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://

www.researchgate.net/

publication/305320484_SISTEM_

PEMBETUNGAN_TERPUSAT_

STRATEGI_MELESTARI

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024).

Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK):

Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa

di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal

Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4),

19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.82

Downloads

Published

09-01-2025