PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NO. 3 SIBANGGEDE

Authors

  • I Gede Bagus Angga Pradnyana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.800

Keywords:

Demonstration, Reading Image Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia
siswa kelas I SD No. 3 Sibanggede melalui Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD No. 3 Sibanggede yang berjumlah 24
siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama tiga Siklus. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu metode tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat
data dari Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar yaitu sebagai berikut: Pada Pra siklus ratarata hasil belajar siswa adalah 62,9 dengan ketuntasan belajar 46%, siklus I rata-rata hasil belajar siswa
adalah 67,5 dengan ketuntasan belajar 67% , siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,7 dengan
ketuntasan belajar 88% dan pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,6 dengan ketuntasan
belajar 96%. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar dapat
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SD No 3 Sibanggede.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bermawy. 2009. Desain Pembelajaran.

Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani

Dr. Hamsah. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hamalik,Oemar. 2011. Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran.

Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani

Hidayat, Komarudin. 2007. Active Learning.

Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani

Hisyam, Zaini dkk. 2008. Strategi Pembelajaran

Demonstrasi. Yogyakarta : PT Pustaka Insan

Madani

Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas

Sebagai Pengalaman Profesi Guru. Jakarta:

PT Raja Grapindo Persada.

Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam

Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi

Aksara.

Nurkencana, Wayan dan Sunartana. 1992.

Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha

Nasional.

Roestiyah N.K.. 2008. Strategi Belajar mengajar.

Jakarta: Rineka Cipta

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran.

Bandung: PT. Raja Grafindo Persada

Soeharto,Karti. 1995. Teknologi Pembelajaran.

Surabaya: PT SIC Surabaya

Downloads

Published

10-01-2025