PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SD NO. 3 SIBANGGEDE
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.800Keywords:
Demonstration, Reading Image MediaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia
siswa kelas I SD No. 3 Sibanggede melalui Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD No. 3 Sibanggede yang berjumlah 24
siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama tiga Siklus. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu metode tes objektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat
data dari Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar yaitu sebagai berikut: Pada Pra siklus ratarata hasil belajar siswa adalah 62,9 dengan ketuntasan belajar 46%, siklus I rata-rata hasil belajar siswa
adalah 67,5 dengan ketuntasan belajar 67% , siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,7 dengan
ketuntasan belajar 88% dan pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa adalah 79,6 dengan ketuntasan
belajar 96%. Jadi kesimpulan penelitian ini adalah Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar dapat
meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I SD No 3 Sibanggede.
Downloads
References
Bermawy. 2009. Desain Pembelajaran.
Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani
Dr. Hamsah. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar
Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik,Oemar. 2011. Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamruni. 2011. Strategi Pembelajaran.
Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani
Hidayat, Komarudin. 2007. Active Learning.
Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani
Hisyam, Zaini dkk. 2008. Strategi Pembelajaran
Demonstrasi. Yogyakarta : PT Pustaka Insan
Madani
Kunandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas
Sebagai Pengalaman Profesi Guru. Jakarta:
PT Raja Grapindo Persada.
Nasution. 2010. Berbagai Pendekatan dalam
Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi
Aksara.
Nurkencana, Wayan dan Sunartana. 1992.
Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha
Nasional.
Roestiyah N.K.. 2008. Strategi Belajar mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran.
Bandung: PT. Raja Grafindo Persada
Soeharto,Karti. 1995. Teknologi Pembelajaran.
Surabaya: PT SIC Surabaya