PEMANFAATAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN ANTUSI- ASME DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XA SMA NEGERI 1 MENGWI
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v23i1.838Keywords:
ice breaking, motivasi belajar, antusiasme, strategi pembelajaran, keterlibatan siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan ice breaking dalam meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar siswa di kelas XA SMA Negeri 1 Mengwi. Ice breaking digunakan sebagai strategi pedagogis untuk mencairkan suasana kelas yang pasif dan meningkatkan kesiapan mental siswa sebelum memasuki pembelajaran inti. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik survei melalui angket yang dibagikan kepada 25 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, dan hasil menunjukkan bahwa 92% siswa merasa ice breaking membuat kelas lebih menyenangkan, 88% merasa lebih fokus, dan 85% lebih percaya diri dalam pembelajaran. Ice breaking terbukti berkontribusi terhadap peningkatan iklim emosional dan partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, strategi ini dianjurkan untuk diterapkan secara terencana dalam setiap pembelajaran guna membentuk lingkungan belajar yang kondusif, dinamis, dan memotivasi.
Downloads
References
Amelia, R., & Hidayat, A. (2020). Efektivitas Ice Breaking terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Interaktif, 4(2), 101–109.Astuti, W. (2023). Peran Ice Breaking dalam Meningkatkan Interaksi dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Inovatif, 8(1), 33–41. Haryati, F. D., & Puspitaningrum, D. (2023). Implementasi Ice Breaking sebagai Pematik Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Ilmi Jurnal Riset PendidikanIslam,4(1).https://www.journal.uiad.ac.id/index.php/al/article/viePendidi
Khaerunisa, A., Munir, D. R., & Fajar, A. (2025). Implementasi Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Purwakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 2(4), 1–9. https://doi.org/10.62017/ jppi.v2i4.4394
Lestari, N., & Cahyani, P. (2020). Penerapan Ice Breaking untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pengajaran dan Pendidikan, 5(3), 210–218.Putri, A., & Nasution, H. (2020). Tantangan Guru dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Era Digital. Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 9(1), 45–52.Sari, D. M., & Ramadhan, R. (2021). Strategi Ice Breaking untuk Menumbuhkan Semangat Belajar di Kelas. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 6(4), 215–223.Wahyuni, R. (2022). Pengaruh Ice Breaking terhadap Fokus dan Semangat Belajar Siswa di Sekolah Menengah. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 74–82.















