Penerapan Metode ROLe PLAYING untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas 9 G SMP negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023

Authors

  • pauluspatikatoda katoda ikipsaraswati

Keywords:

Metode ROLe PLAYING

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar PPKn

menggunakan METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI

BELAJAR SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 2 TABANAN. Jenis penelitian ini merupakan penelitian

tindakan kelas Subjek adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 2 Tabanan berjumlah 38 siswa. Adapun

indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ? 75% dari jumlah siswa 38 yang mengikuti proses

pembelajaran memperoleh nilai ? 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PPKn

siswa setelah menggunakan ROLE PLAYING baik pada siklus I maupun siklus II.Hasil penelitian ini

menunjukan bahwa. peningkatan Aktivitas dan prestasi siswa kelas IX G pada pembelajaran PPKN dalam

Metode Role Playing dengan memanfaatkan beberapa metode Role Playing, pengunaan RPP dan evaluasi

lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah faktor penghambat dalam

pelajaran PPKn yaitu: kurangnya efektifitas waktu, minimnya antusiuas siswa dalam minimnya siswa akan

pemahaman materi. faktor pendukung pelajaran. Hasil penelitian ini menggambarkan sudah cukup baik,

peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan

dalam pelaksanaan pelajaran PPKn, guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan melaksanakan

pembelajaran dengan baik yaitu pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-18

How to Cite

katoda, pauluspatikatoda. (2023). Penerapan Metode ROLe PLAYING untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas 9 G SMP negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1). Retrieved from http://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/606