Penerapan Metode ROLe PLAYING untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas 9 G SMP negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023
Keywords:
Metode ROLe PLAYINGAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar PPKn
menggunakan METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI
BELAJAR SISWA KELAS IX G SMP NEGERI 2 TABANAN. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas Subjek adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 2 Tabanan berjumlah 38 siswa. Adapun
indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ? 75% dari jumlah siswa 38 yang mengikuti proses
pembelajaran memperoleh nilai ? 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PPKn
siswa setelah menggunakan ROLE PLAYING baik pada siklus I maupun siklus II.Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa. peningkatan Aktivitas dan prestasi siswa kelas IX G pada pembelajaran PPKN dalam
Metode Role Playing dengan memanfaatkan beberapa metode Role Playing, pengunaan RPP dan evaluasi
lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah faktor penghambat dalam
pelajaran PPKn yaitu: kurangnya efektifitas waktu, minimnya antusiuas siswa dalam minimnya siswa akan
pemahaman materi. faktor pendukung pelajaran. Hasil penelitian ini menggambarkan sudah cukup baik,
peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan
dalam pelaksanaan pelajaran PPKn, guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan melaksanakan
pembelajaran dengan baik yaitu pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik.