THE USE OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) METHOD TO IMPROVE READING COMPREHENSION OF SEVENTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 2 TABANAN
Keywords:
Kemampuan Pemahaman Membaca, Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).Abstract
Penelitian ini berfokus pada peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang sikap dan perilaku siswa selama pembelajaran. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa yang berkaitan dengan pemahaman bacaan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif. Berdasarkan nilai data yang telah dilakukan maka dapat diperoleh hasil yaitu nilai rata-rata siswa pada pra siklus adalah 58,16 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 66,84 dengan persentase kenaikan dari pra siklus ke siklus I sebesar 14,9%. Selanjutnya nilai rata-rata kelas pada siklus II meningkat menjadi 79,08 dengan persentase peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,3%. Dengan demikian jika dihubungkan dengan hipotesis tindakan, kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Tabanan tahun ajaran 2022/2023 mengalami peningkatan.