MENIGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF SISWA KELAS IX C SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TABANAN

Authors

  • i gede budha adnyana IKIP saraswati
  • i wayan subaker
  • i wayan mawa

Keywords:

Kata Kunci : Menulis, Teks Pidato Persuasif, Metode Konstruktivistik

Abstract

Menulis teks pidato persuasif dapat membantu siswa dalam mengungkapkan ide, gagasan, pendapat,perasaan tentang suatu permasalaha dan belajar memengaruhi orang lain. Banyak siswa mengatakan keterampilan menulis teks pidato persuasif sangatlah sulit. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada saat penelitian awal hanya sebesar 63,12 atau di bawah kriteria ketuntasan minimal. Rendahnya nilai yang diperoleh siswa disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya ketidaktepatan guru menggunakan metode pembelajaran, guru lebih banyak berteori dan kurang memberikan kesempatan yang cukup kepada siswa untuk melatih kemampuannya dalam menulis teks pidato persuasif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato persuasif dengan menerapkan metode konstruktivistik siswa kelas IX C Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang jumlah siswanya sebanyak 32 orang. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan metode tes. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa metode pembelajaran konstruktivistik dapat meningkatkan kemampuan menulis teks pidato persuasif siswa kelas IX C Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tabanan Tahun Pelajaran 201/2020. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebelum menggunakan metode konstruktivistik atau pada prasiklus 63,12. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 77,81 dengan mengalami peningkatan sebesar 18,87%. Pada siklus II, kemampuan menulis tek pidato persuasif juga mengalami peningkatan menjadi 81,56 dengan mengalami peningkatan sebesar 4,59%.Dengan demikian, melalui metode konstruktivistik kemampuan siswa kelas IX C Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Tabanan Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat ditingkatkan.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

adnyana, i gede budha, subaker, i wayan, & mawa, i wayan. (2020). MENIGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF SISWA KELAS IX C SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TABANAN. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 2(1), 352–357. Retrieved from https://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/135

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.