Meningkatkan Kemampuan Meringkas Teks Eksplanasi dengan Menerapkan Metode Konstruktivisme

Penulis

  • Gusti Ayu Putu Budhi Lestari IKIP Saraswati
  • I Wayan Subaker
  • Ni Luh Nanik Puspadi

Kata Kunci:

meringkas, teks eksplanasi, metode konstruktivisme

Abstrak

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu informasi tentang sebuah fenomena alam maupun sosial. Tujuan penelitian ini untuk memberikan sumbangan pemikiran/pendapat dalam rangka meningkatkan kemampuan meringkas teks eksplanasi siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dengan jumlah siswa 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data sikap dan perilaku siswa,. metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam meringkas teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan meringkas teks eksplanasi siswa kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Negeri 6 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023 setelah menerapkan metode konstruktivisme mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prasiklus sebesar 65,31. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 71,25. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 85,00. Peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 9,09%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,30%. Peningkatan tersebut menandakan bahwa kemampuan meringkas teks eksplanasi semakin baik setelah menerapkan metode konstruktivisme. Dengan demikian, disarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menerapkan metode konstruktivisme dalam kegiatan belajar pembelajaran karena telah terbukti bahwa penerapan metode konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-08-21

Cara Mengutip

Lestari, G. A. P. B., Subaker, I. W., & Puspadi, N. L. N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Meringkas Teks Eksplanasi dengan Menerapkan Metode Konstruktivisme. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1), 7. Diambil dari https://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/630

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.