PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX G DI SMP N 2 TABANAN PADA TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • alfonsi ani Setia IKIP SARASWATI

Keywords:

Pembelajaran langsung , prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa yang diperoleh dari hasil observasi awal siswa kelas IX G SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa. Model penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 38 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Langsung ( direct instruction ) terjadi peningkatan prestasi belajar siswa kelas IX G SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya skor rata-rata prestasi belajar pada siklus I dan siklus II sebesar 62,25 dan 86,125. Dengan peningkatan rata-rata skor prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 38,55 % dan dapat dikatakan sudah melebihi kriteria keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung ( direct instruction ) yang dilakukan dikelas IX G SMP Negeri 2 Tabanan Tahun pelajaran 2022/2023 dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa .

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Setia, alfonsi ani. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX G DI SMP N 2 TABANAN PADA TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1), 14. Retrieved from http://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/579