Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2023/2024

Authors

  • Hernemus Kandi IKIP SARASWATI

Keywords:

Kata-Kunci : Pembelajaran inkuiri, kerjasama,hasil belajar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kerjasama siswa; (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 38 orang. Objek penelitian ini adalah kerjasama dan hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi kerjasama, tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukaan dalm dua siklus, tahaapan setiap siklus, adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa. Skor rata-rata kerjasama pada refleksi awal, siklus I dan siklus II sebesar 25,07% (kurang aktif), 30,23 (cukup aktif), 34,15 (aktif). Skor rata-rata hasil belajar, daya serap dan ketuntasan klasikal pada refleksi awal sebesar 73,15, 73,15%. Siklus I sebesar 78, 02, 78,02%. Siklus II sebesar 85, 31, 85,31%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2022/2023. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Kandi, H. (2023). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Tabanan tahun pelajaran 2023/2024. Jurnal Mahasisya Pendidikan, 5(1), 15. Retrieved from http://ojs.ikip-saraswati.ac.id/index.php/mahasisya-pendidikan/article/view/589