PENGGUNAAN MODEL EDUKASI KEWASPADAAN DENGAN METODE TANYA DAN VISUAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA SISWA KELAS 2 SD NO. 2 TUBAN

Authors

  • I Gede Agus Mahardika Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.752

Keywords:

Kemampuan membaca, edukasi kewaspadaan, metode tanya, visual learning, penelitian tindakan kelas (PTK), literasi, pembelajaran interaktif

Abstract

Kemampuan membaca dan menulis merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi keber- hasilan akademik dan sosial anak. Proses penguasaan literasi dimulai sejak usia dini dan dipengaruhi
oleh berbagai faktor, termasuk lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Selain itu, edukasi ke- waspadaan terhadap situasi darurat, seperti bencana alam dan kecelakaan, menjadi hal yang krusial,
terutama dalam membantu anak untuk merespons dengan cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan un- tuk menguji apakah penggunaan model edukasi kewaspadaan yang memadukan metode tanya (ques- tioning) dan visual learning dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas 2 di SD No. 2
Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca siswa,
dengan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) mening- kat dari 50% pada pra-siklus menjadi 93% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa
kombinasi metode tanya dan visual learning efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa
dalam konteks edukasi kewaspadaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BNPB. (n.d.). Panduan kebencanaan untuk anakanak. Badan Nasional Penanggulangan

Bencana.

Bransford, J., Brown, A., & Cocking, R. (2000).

How People Learn: Brain, Mind, Experience, and School. National Academies Press.

Gardner, H. (1983). Frames of mind: The theory

of multiple intelligences. Basic Books.

Mayer, R. E. (2005). The Cambridge Handbook

of Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Montessori, M. (1967). The discovery of the child.

Henry Holt and Company.

Morrow, L. M. (2009). Literacy development in

the early years: Helping children read and

write (7th ed.). Pearson.

National Institute for Literacy. (2008). Developing early literacy: Report of the National

Early Literacy Panel. National Institute for

Literacy.

Paivio, A. (1986). Mental Representations: A

Dual Coding Approach. Oxford Univ. Press.

Piaget, J. (1970). The science of education and the

psychology of the child. Viking Press.

Rieber, L. P. (1996). Animation as a Tool for

Learning and Visualization: A Cognitive

Approach. Educational Technology Research and Development.

Snow, C. E., Burns, M. S., & Griffin, P. (1998).

Preventing reading difficulties in young

children. National Academy Press.

UNESCO. (2005). The right to education: Education for all and education of all. UNESCO.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.

Wilen, W. W., Ishler, M. L., Johnson, S. D., &

Johnson, J. D. (2004). Teaching Students to

Think Critically. National Education Association.

Wilen, W. W., Ishler, M. L., Johnson, S. D., &

Johnson, J. D. (2004). Promoting active

learning: Strategies for the classroom. Pearson.Bransford, J., Brown, A., & Cocking,

R. (2000). How people learn: Brain, mind,

experience, and school. National Academy

Press.Kemmis, S. (2008). Action research:

A methodology for change and development. Open University Press

Downloads

Published

09-01-2025