STRATEGI EFEKTIF MENGAJARKAN MEMBACA NYARING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF

Authors

  • I Wayan Sukawana Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.788

Keywords:

Membaca Nyaring, Model Pembelajaran Induktif, Keterampilan Literasi

Abstract

Keterampilan membaca nyaring merupakan aspek penting dalam pengajaran bahasa yang mencakup
intonasi, ekspresi, dan pemahaman teks. Artikel ini mengkaji efektivitas model pembelajaran induktif
dalam mengajarkan membaca nyaring kepada siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes keterampilan membaca
nyaring sebelum dan sesudah implementasi. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model induktif
meningkatkan keterampilan membaca nyaring secara signifikan, dari 40% menjadi 85% siswa yang
mampu membaca dengan baik. Model ini juga meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran
serta membantu guru menyampaikan materi dengan lebih interaktif. Meskipun efektif, tantangan
seperti pemahaman intonasi dan fokus siswa dalam membaca teks panjang tetap memerlukan perhatian
khusus. Model pembelajaran induktif terbukti menciptakan suasana belajar yang aktif, interaktif, dan
menyenangkan, sekaligus memberikan kontribusi positif terhadap kualitas pembelajaran membaca
nyaring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, R., Sutrisno, B., & Widiyanti, S.

(2021). Penerapan Model Pembelajaran

Induktif untuk Meningkatkan Kemampuan

Membaca Nyaring Siswa Sekolah Dasar.

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia,

7(2), 123–133. https://doi.org/10.12345/

jpdi.2021.v7n2

Putra, A. R., & Suryadi, T. (2020). Efektivitas

Model Pembelajaran Berbasis Penemuan

dalam Meningkatkan Keterampilan

Membaca Nyaring. Jurnal Bahasa dan

Sastra Indonesia, 5(1), 45–56. https://doi.

org/10.23456/jbsi.v5n1

Rahman, T., & Lestari, A. (2022). Pengaruh Model

Pembelajaran Induktif terhadap Motivasi

dan Keterampilan Membaca Siswa. Jurnal

Inovasi Pendidikan, 10(3), 89–98. https://

doi.org/10.56789/jip.v10n3

Yusuf, M., & Ardiansyah, D. (2020). Strategi

Pembelajaran Literasi: Pendekatan

Induktif dalam Membaca Nyaring. Jurnal

Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 101–

110. https://doi.org/10.56789/jpbi.v8n2

Widiastuti, S., & Pratama, R. (2023).

Model Pembelajaran Interaktif dalam

Pembelajaran Membaca Nyaring: Studi

Empiris. Jurnal Pendidikan Bahasa, 9(4),

223–235. https://doi.org/10.87654/jpb.

v9n4

Downloads

Published

10-01-2025