PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TRI KAYA PARISUDHA

Authors

  • Desak Putu Yulia Kusumayanti Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.797

Keywords:

Discovery Learning, Media Huruf, Peningkatan Pemahanan, Tri Kaya Parisudha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam mengenal
dan menggunakan huruf dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media kartu
huruf berdasarkan Tri kaya Parisudha pada siswa Kelas I SD Negeri 1 Pucaksari, Buleleng, Bali tahun
pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali
siklus tindakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian model Hopkins
yaitu penelitian yang diawali dengan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Pucaksari yang berjumlah 7 orang. Data penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan metode tes. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis secara metode
deskriptif kuantitatif dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siklus I pertemuan
ke-1 dengan menggunakan model konvensional prosentase siswa yang mendapat nilai diatas KKM
adalah 29% dengan katagori sangat rendah, begitu juga pada siklus I pertemuan ke-2 prosentase siswa
yang mendapat nilai diatas KKM adalah sebesar 43%, walaupun terjadi peningkatan sedikit tetapi masih
dalam katagori sangat rendah. Pada siklus II pertemuan ke-1 penerapan model pembelajaran Discovery
Learning Berbantuan Media Kartu Huruf dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Berdasarkan Tri
Kaya Parisudha pada siswa Kelas I SD Negeri 1 Pucaksari dapat meningkatkan hasil pemahaman siswa
dalam mengenal huruf. Prosentase siswa yang mendapat nilai diatas KKM adalah 71% dengan katagori
sedang, dilanjutkan dengan siklus ke II pertemuan ke-2, prosentase siswa yang mendapat nilai diatas
KKM mengalami peningkatan yang cukup singnifikan yaitu sebesar 86% dengan katagori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andari, D. A. (2024). Implementasi Model

Discovery Learning dalam Pembelajaran

Bahasa Indonesia untuk Menumbuhkan

Karakter Kreatif Siswa Kelas 1 SDN Turi 1

Blitar. 1(1), 1–223.

Ananda, R.(2019). Penerapan Metode Mind

Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.

Edukatif: jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1),1-10.

https://doi.org/10.31004/edukatif.vli1.1

Desy Nurfitasari 1, H. B. 2 dan D. E. Y. 3.

(2024). Penerapan Model Pembelajaran

Discoverylearning Berbantuanmedia Kartu

Huruf Untukmeningkatkan Hasil Belajar

Bahasa Indonesiamateri Menemukan Suku

Kata Yang Sering Dijumpai Pada Kelas I

Di Sd Integral Luqman Al-Hakim Situbondo

Tahun Pelajaran 2023/2024. 21–34.

Didik, P., Nur, R. A., Tomohon, Z., Rahman, A.,

& Pd, M. (2023). NUR ZAHRA TOMOHON.

03, 49–66.

Etianingsih.(2016).Penigkatan Kemampuan

Anak Kelompok A Mengenal Huruf Melalui

Permainan Kartu Huruf di TK Dharma

Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari

Kabupaten Jember. Skripsi (diterbitkan).

Jember: Fakultas Keguruan dan ilmu

pendidikan universitas jember. Diakses

pada: 13 juli 2018 jam 11:53 WIB.Diakses

dari:http://repository.unej.ac.id/bitstream/

handle/123456789/78155/Merinda%20

Eka%20Etianingsih%20-120210205008_.

pdf?sequence=1.

Erawati, N. K., Suweta, M., Raka, N., Tinggi,

S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K.

(2022). Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam

Buku Ni Diah Tantri Karya I Made Pasek.

JURDIKSCA: Jurnal Pendidikan Agama

Hindu Mahasiswa Pascasarjana, 1(1). http://

jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/

jurdiksca

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan

Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.

Ghalia Indonesia.

Indriyani, D. (2024). Meningkatkan Pengenalan

Huruf dan Bunyi Bahasa Indonesia Melalui

Kartu Huruf SD Negeri 2 Karangkobar. Buletin

Pengabdian Multidisiplin, 1(1), 56–62. https://

doi.org/10.62385/budimul.v1i1.98

Izabella, D. M., Purnamasari, V., & Darsimah, D.

(2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif

Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran

Discovery Learning Muatan Pembelajaran

Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal

Basicedu, 5(4), 1900–1908. https://doi.

org/10.31004/basicedu.v5i4.1104

Kemendikbud (2013). Petunjuk Teknis

Penylenggaraan Taman Kanak- kanak. Tim

Direktorat pembinaan Pendidikan Anak Usia

Dini

M, Ali. (1985). Penelitian Kependidikan Prosedur

dan Strategi. Bandung: Angkasa. https://doi.

org/10.57171/jt.v2i1.294

Mochamad Surya, C., Zulvian Iskandar, Y.,&

Marlina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan

Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok

a Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal

Tahsinia, 2(1), 78-89.

Waraningsih, T.L. (2014). Upaya Meningkatkan

Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan

Media Kartu Kata Di Tk Sulthoni Ngaglik

Sleman. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan,

Universitas Negeri Yogyakarta.

Sanjaya, W. (2010). Penelitian tindakan kelas.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tanjung, R. J. (2018). Penggunaan Media Kartu

Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak

dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman

Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang.

Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 321–322.

Wedekaningsih, A Koeswanti, H. ., & Giarti,

S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran

Discovery Learning untuk Meningkatkan

Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil

Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal

Basicedu, 3 (5).https://doi.org/10.31004/

Yanthi, Ni Ketut Desya Sapta, I. G. A. O. N.

(2020). Implementasi Nilai-Nilai Tri Kaya

Parisudha dalam Pembelajaran dengan

Model Discovery Learning Berpengaruh

Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA.

Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia,

3(2), 103–113. https://doi.org/10.23887/jpmu.

v3i2.27529

Downloads

Published

10-01-2025