PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TRI KAYA PARISUDHA
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.797Keywords:
Discovery Learning, Media Huruf, Peningkatan Pemahanan, Tri Kaya ParisudhaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam mengenal
dan menggunakan huruf dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media kartu
huruf berdasarkan Tri kaya Parisudha pada siswa Kelas I SD Negeri 1 Pucaksari, Buleleng, Bali tahun
pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali
siklus tindakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian model Hopkins
yaitu penelitian yang diawali dengan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Pucaksari yang berjumlah 7 orang. Data penelitian ini dikumpulkan
dengan menggunakan metode tes. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis secara metode
deskriptif kuantitatif dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siklus I pertemuan
ke-1 dengan menggunakan model konvensional prosentase siswa yang mendapat nilai diatas KKM
adalah 29% dengan katagori sangat rendah, begitu juga pada siklus I pertemuan ke-2 prosentase siswa
yang mendapat nilai diatas KKM adalah sebesar 43%, walaupun terjadi peningkatan sedikit tetapi masih
dalam katagori sangat rendah. Pada siklus II pertemuan ke-1 penerapan model pembelajaran Discovery
Learning Berbantuan Media Kartu Huruf dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Berdasarkan Tri
Kaya Parisudha pada siswa Kelas I SD Negeri 1 Pucaksari dapat meningkatkan hasil pemahaman siswa
dalam mengenal huruf. Prosentase siswa yang mendapat nilai diatas KKM adalah 71% dengan katagori
sedang, dilanjutkan dengan siklus ke II pertemuan ke-2, prosentase siswa yang mendapat nilai diatas
KKM mengalami peningkatan yang cukup singnifikan yaitu sebesar 86% dengan katagori tinggi.
Downloads
References
Andari, D. A. (2024). Implementasi Model
Discovery Learning dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia untuk Menumbuhkan
Karakter Kreatif Siswa Kelas 1 SDN Turi 1
Blitar. 1(1), 1–223.
Ananda, R.(2019). Penerapan Metode Mind
Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar.
Edukatif: jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1),1-10.
https://doi.org/10.31004/edukatif.vli1.1
Desy Nurfitasari 1, H. B. 2 dan D. E. Y. 3.
(2024). Penerapan Model Pembelajaran
Discoverylearning Berbantuanmedia Kartu
Huruf Untukmeningkatkan Hasil Belajar
Bahasa Indonesiamateri Menemukan Suku
Kata Yang Sering Dijumpai Pada Kelas I
Di Sd Integral Luqman Al-Hakim Situbondo
Tahun Pelajaran 2023/2024. 21–34.
Didik, P., Nur, R. A., Tomohon, Z., Rahman, A.,
& Pd, M. (2023). NUR ZAHRA TOMOHON.
03, 49–66.
Etianingsih.(2016).Penigkatan Kemampuan
Anak Kelompok A Mengenal Huruf Melalui
Permainan Kartu Huruf di TK Dharma
Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari
Kabupaten Jember. Skripsi (diterbitkan).
Jember: Fakultas Keguruan dan ilmu
pendidikan universitas jember. Diakses
pada: 13 juli 2018 jam 11:53 WIB.Diakses
dari:http://repository.unej.ac.id/bitstream/
handle/123456789/78155/Merinda%20
Eka%20Etianingsih%20-120210205008_.
pdf?sequence=1.
Erawati, N. K., Suweta, M., Raka, N., Tinggi,
S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K.
(2022). Ajaran Tri Kaya Parisudha Dalam
Buku Ni Diah Tantri Karya I Made Pasek.
JURDIKSCA: Jurnal Pendidikan Agama
Hindu Mahasiswa Pascasarjana, 1(1). http://
jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/
jurdiksca
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan
Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21.
Ghalia Indonesia.
Indriyani, D. (2024). Meningkatkan Pengenalan
Huruf dan Bunyi Bahasa Indonesia Melalui
Kartu Huruf SD Negeri 2 Karangkobar. Buletin
Pengabdian Multidisiplin, 1(1), 56–62. https://
doi.org/10.62385/budimul.v1i1.98
Izabella, D. M., Purnamasari, V., & Darsimah, D.
(2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif
Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran
Discovery Learning Muatan Pembelajaran
Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 5(4), 1900–1908. https://doi.
org/10.31004/basicedu.v5i4.1104
Kemendikbud (2013). Petunjuk Teknis
Penylenggaraan Taman Kanak- kanak. Tim
Direktorat pembinaan Pendidikan Anak Usia
Dini
M, Ali. (1985). Penelitian Kependidikan Prosedur
dan Strategi. Bandung: Angkasa. https://doi.
org/10.57171/jt.v2i1.294
Mochamad Surya, C., Zulvian Iskandar, Y.,&
Marlina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan
Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok
a Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal
Tahsinia, 2(1), 78-89.
Waraningsih, T.L. (2014). Upaya Meningkatkan
Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan
Media Kartu Kata Di Tk Sulthoni Ngaglik
Sleman. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Yogyakarta.
Sanjaya, W. (2010). Penelitian tindakan kelas.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tanjung, R. J. (2018). Penggunaan Media Kartu
Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak
dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman
Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang.
Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 321–322.
Wedekaningsih, A Koeswanti, H. ., & Giarti,
S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran
Discovery Learning untuk Meningkatkan
Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil
Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal
Basicedu, 3 (5).https://doi.org/10.31004/
Yanthi, Ni Ketut Desya Sapta, I. G. A. O. N.
(2020). Implementasi Nilai-Nilai Tri Kaya
Parisudha dalam Pembelajaran dengan
Model Discovery Learning Berpengaruh
Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA.
Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia,
3(2), 103–113. https://doi.org/10.23887/jpmu.
v3i2.27529