RESPON SISWA TERHADAP PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN PEER LEARNING DENGAN MEDIA POSTCARD DALAM MENULIS
Keywords:
respon siswa, peer learning, postcard, menulisAbstract
Dalam belajar bahasa tentunya siswa mempelajari keterampilan menulis. Ada beberapa teknik pembelajaran dan media yang bisa diterapkan dalam kegiatan menulis. Khususnya pada pelajaran menulis paragraf deskriptif pada siswa SMP yang sangat ditentukan oleh teknik pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui respon dari siswa setelah penerapan teknik peer learning dengan media postcard dalam pelajaran menulis pada mata pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas VIII Bilingual SMP (SLUB) Saraswati Denpasar Kelas yang terdiri dari 32 orang subjek penelitian. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap penerapan teknik yang digunakan tersebut dalam kegiatan menulis. Dalam penelitian ini digunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang disebarkan kepada subjek penelitian.