PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT TUNGGAL SISWA KELAS III SDN 1 KABA KABA

Authors

  • Ni Putu Sri Utami Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • Ni Nyoman Karmini Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Raka Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.781

Keywords:

Problem Based Learning, kartu, keterampilan menulis, kalimat tunggal, SPOK, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat tunggal pada siswa kelas
III SD Negeri 1 Kaba Kaba melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
berbantuan kartu. Model PBL ini dipilih karena kemampuannya dalam mendorong siswa untuk belajar
melalui pemecahan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan
keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan yang terlibat berjumlah 29 orang siswa kelas 3 SD Negeri
1 Kaba Kaba. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes, rubrik, dan
lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan kategori yang mendapatkan nilai
? 70 dikategorikan tuntas, dan yang mendapatkan < 70 dikategorikan tidak tuntas. Hasil penelitian
siklus I menyatakan bahwa 55% siswa sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang telah ditentukan.
Hasil siklus II, 95% siswa sudah memenuhi ketuntasan klasikan yang telah ditentukan. Berdasarkan
peningkatan hasil keterampilan menulis kalimat tunggal siswa dari siklus I ke siklus II maka dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based learning berbantuan kartu dapat meningkatkan
kemampuan keterampilan menulis kalimat tunggal siswa kelas III SDN 1 Kaba Kaba.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini Rahmawati, & Krisma Widi Wardani.

(2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan

Berpikir Kritis Siswa Melalui Model

Berbasis Masalah Berbantu Media Flashcard

Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Kelas 1 Sd Negeri Secang 1. Didaktik :

Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5),

198–206. https://doi.org/10.36989/didaktik.

v9i5.1911

Annisa, V., Fajrie, N., & Ahsin, M. N. (2021).

Penerapan Model Problem Based Learning

Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi

Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. WASIS :

Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–8. https://

doi.org/10.24176/wasis.v2i1.4951

Aulia, S. (2023). Implementasi Model

Pembelajaran Problem Based Learning

untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif pada

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

(IPS) Siswa Kelas V SDN 49 Krui . Skripsi

Tidak Diterbitkan. Lampung: Fakultas

Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam

Negeri Raden Intan Lampung.

Dwi Lestari, A., Suyoto, S., & Chayati, A. (2023).

Penerapan Model Pembelajaran Problem

Based Learning Berbantu Media Kartu

Misteri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Pada Materi Menulis Kalimat Sederhana

Kelas II SD Negeri Bendungan. Jurnal

Pendidikan Guru Profesional, 1(2), 129–

137. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.233

Kartu, M., Aktivitas, T., Hasil, D. A. N., & Siswa,

B. (2023). Penerapan model problem based

learning (pbl) berbantuan media kartu

terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa

kelas viii smp negeri 1 baitussalam aceh

besar.

Pokhrel, S. (2024). No Title?????. In ????

(Vol. 15, Issue 1).

SHELEMO, A. A. (2023). No Title????. Nucl.

Phys., 13(1), 104–116.

Ump, F. (2019). Upaya Meningkatkan

Partisipasi…, Arwin Elfani Fitriana, FKIP

UMP, 2019.

Widiyanto, A. (2022). Pengaruh Model

Pembelajaran STAD (Student Teams

Achievement Division) Dan Model

Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil

Belajar Senam Lantai …. Seminar Nasional

Keindonesiaan (FPIPSKR), November,

105–116.

Downloads

Published

10-01-2025