PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN KARTU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT TUNGGAL SISWA KELAS III SDN 1 KABA KABA
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.781Keywords:
Problem Based Learning, kartu, keterampilan menulis, kalimat tunggal, SPOK, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kalimat tunggal pada siswa kelas
III SD Negeri 1 Kaba Kaba melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
berbantuan kartu. Model PBL ini dipilih karena kemampuannya dalam mendorong siswa untuk belajar
melalui pemecahan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan
keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan yang terlibat berjumlah 29 orang siswa kelas 3 SD Negeri
1 Kaba Kaba. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes, rubrik, dan
lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan kategori yang mendapatkan nilai
? 70 dikategorikan tuntas, dan yang mendapatkan < 70 dikategorikan tidak tuntas. Hasil penelitian
siklus I menyatakan bahwa 55% siswa sudah memenuhi ketuntasan klasikal yang telah ditentukan.
Hasil siklus II, 95% siswa sudah memenuhi ketuntasan klasikan yang telah ditentukan. Berdasarkan
peningkatan hasil keterampilan menulis kalimat tunggal siswa dari siklus I ke siklus II maka dapat
disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based learning berbantuan kartu dapat meningkatkan
kemampuan keterampilan menulis kalimat tunggal siswa kelas III SDN 1 Kaba Kaba.
Downloads
References
Aini Rahmawati, & Krisma Widi Wardani.
(2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan
Berpikir Kritis Siswa Melalui Model
Berbasis Masalah Berbantu Media Flashcard
Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila
Kelas 1 Sd Negeri Secang 1. Didaktik :
Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5),
198–206. https://doi.org/10.36989/didaktik.
v9i5.1911
Annisa, V., Fajrie, N., & Ahsin, M. N. (2021).
Penerapan Model Problem Based Learning
Berbantuan Media Kartu Gambar Ilustrasi
Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep
Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. WASIS :
Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–8. https://
doi.org/10.24176/wasis.v2i1.4951
Aulia, S. (2023). Implementasi Model
Pembelajaran Problem Based Learning
untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif pada
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS) Siswa Kelas V SDN 49 Krui . Skripsi
Tidak Diterbitkan. Lampung: Fakultas
Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam
Negeri Raden Intan Lampung.
Dwi Lestari, A., Suyoto, S., & Chayati, A. (2023).
Penerapan Model Pembelajaran Problem
Based Learning Berbantu Media Kartu
Misteri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Pada Materi Menulis Kalimat Sederhana
Kelas II SD Negeri Bendungan. Jurnal
Pendidikan Guru Profesional, 1(2), 129–
137. https://doi.org/10.26877/jpgp.v1i2.233
Kartu, M., Aktivitas, T., Hasil, D. A. N., & Siswa,
B. (2023). Penerapan model problem based
learning (pbl) berbantuan media kartu
terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas viii smp negeri 1 baitussalam aceh
besar.
Pokhrel, S. (2024). No Title?????. In ????
(Vol. 15, Issue 1).
SHELEMO, A. A. (2023). No Title????. Nucl.
Phys., 13(1), 104–116.
Ump, F. (2019). Upaya Meningkatkan
Partisipasi…, Arwin Elfani Fitriana, FKIP
UMP, 2019.
Widiyanto, A. (2022). Pengaruh Model
Pembelajaran STAD (Student Teams
Achievement Division) Dan Model
Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil
Belajar Senam Lantai …. Seminar Nasional
Keindonesiaan (FPIPSKR), November,
105–116.