IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI ANAK DI KELAS 3 SD NEGERI 2 BILA
DOI:
https://doi.org/10.46444/suluh-pendidikan.v22i3.773Keywords:
Problem-Based Learning, Video, Membaca Puisi, Hasil BelajarAbstract
Problem-Based Learning merupakan pendekatan yang menempatkan siswa sebagai aktor utama dalam
proses belajar, dimana mereka dihadapkan pada situasi nyata yang memerlukan analisis dan pemecahan
masalah. Dalam penelitian ini bertujuan mengimplementasikan model pembelajaran Problem-Based
Learning yang berbantuan video dalam meningkatkan hasil belajar puisi anak di kelas 3 SD Negeri 2
Bila. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran Problem-Based Learning dimana subjek
penelitian terdiri dari 14 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest yang dibagikan ke siswa dimana
hasil yang didapat melalui pretest membaca puisi dimana siswa rata-rata mendapatkan predikat C dan
Hasil pretest unsur-unsur intrinsic siswa rata-rata mendapatkan predikat SB dan nilai Esay mendapatkan
nilai 100. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning berbantuan video
dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik terhadap puisi,
dan meningkatkan kemampuan membaca puisi secara keseluruhan. Penelitian ini merekomendasikan
penggunaan model Problem-Based Learning sebagai alternatif metode pengajaran yang efektif dalam
pembelajaran bahasa, khususnya membaca puisi di sekolah dasar. Dengan demikian, diharapkan guru
dapat menerapkan strategi ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas
Downloads
References
Kurniawan, A. (2020). Pengaruh Penggunaan
Video dalam Pembelajaran terhadap
Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal
Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 123-
135.
Nasution, S. (2020). Hubungan Minat Baca dengan
Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran
Sastra. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 45-
56.
Rahmawati, D. (2022). Efektivitas Metode
Pembelajaran Konvensional terhadap
Minat Siswa dalam Membaca Puisi. Jurnal
Pendidikan Dasar, 10(3), 78-89.
Surya, R. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam
Memahami Puisi di Sekolah Dasar. Jurnal
Penelitian Pendidikan, 12(4), 201-210