Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Berdasarkan Kerangka dengan Menerapkan Pendekatan Konstruktivisme
Keywords:
menulis, cerpen, pembelajaran, konstruktivismeAbstract
Rendahnya kemampuan siswa menulis cerpen dipengaruhi oleh belum optimalnya proses pembelajaran. Disamping itu belum optimalnya guru memanfaatkan metode pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis cerpen. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa sebelum dan setelah menerapkan pendekatan konstruktivisme serta seberapa besarkah peningkatannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk memecahkan masalah seperti yang telah diungkapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan jumlah siswa 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode observasi dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data tentang sikap dan perilaku siswa. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa menulis cerpen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerpen siswa setelah menerapkan pendekatan konstruktivisme mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari ketuntasan siswa pada prasiklus nilai rata-rata 58,13, pada siklus I nilai rata-rata sebesar 70,00. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,25, semua siswa telah tuntas 100%. Peningkatan skor tersebut tanda bahwa kemampuan menulis siswa semakin baik. Dengan demikian, penerapan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen.